Contoh Soal TIU, TWK dan Tes Karakteristik Pribadi

contoh soal tes TIU TWK dan Karakter Pribadi

Belajar contoh soal TIU, TWK dan TKP merupakan hal penting untuk setiap peserta CASN. Perjalanan untuk meraih status PNS bukanlah perkara yang mudah. Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) harus melewati serangkaian tahapan seleksi yang cermat dan teliti. Dalam menghadapi ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD), calon peserta akan diuji dalam tiga jenis tes yang sangat penting: Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Penjelasan TKD

TKD adalah tahapan kedua setelah proses seleksi administrasi CASN dilakukan. Pengumuman peserta yang lolos seleksi administrasi akan mendapatkan undangan untuk mengikuti tes kompetensi dasar yang waktu dan tempatnya akan ditentukan kemudian melalui portal instansi bersangkutan maupun website SSCASN.

Baca juga Cara Membuat Akun SSCASN BKN

Tes Intelegensia Umum (TIU) menguji sejauh mana kemampuan berpikir logis dan analitis calon peserta, mencakup berbagai aspek seperti verbal, numerik, dan figural. Di sisi lain, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) mendalamkan pemahaman tentang nilai-nilai nasionalisme, integritas, bela negara, serta prinsip-prinsip yang mendasari negara dan bangsa. Sementara itu, Tes Karakteristik Pribadi (TKP) menggali karakter, sikap, dan kepribadian calon peserta dalam menghadapi situasi dan tantangan yang mungkin timbul di lingkungan kerja.

Baca juga Jenis Soal CPNS TKD

Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran mendalam tentang contoh soal-soal yang mungkin muncul dalam tes TIU, TWK, dan TKP dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CASN) tahun 2023. Kami akan menyajikan beragam contoh soal untuk masing-masing tes, yang dapat membantu calon peserta dalam mempersiapkan diri secara optimal. Memahami pola soal dan prinsip dasar yang diuji dalam ketiga jenis tes ini akan memberikan keunggulan bagi para calon peserta dalam menghadapi tantangan seleksi yang kompleks ini.

Mempersiapkan diri dengan baik tidak hanya mengenai pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga tentang kesiapan mental dan karakter pribadi. Oleh karena itu, penting untuk menjalani latihan-latihan dan simulasi untuk menguji kemampuan serta sikap dalam situasi yang beragam. Dengan memahami esensi dari setiap jenis tes, calon peserta akan lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi perjalanan seleksi ini.

Tanpa adanya persiapan yang matang dan latihan yang memadai, menghadapi tes TIU, TWK, dan TKP mungkin menjadi tantangan yang lebih berat. Oleh karena itu, mari bersama-sama melangkah ke dalam dunia persiapan yang intensif dan efektif untuk menjemput kesuksesan dalam menghadapi tes CASN 2023.

Contoh Soal TIU

berikut adalah beberapa contoh soal Tes Intelegensia Umum (TIU) yang sering muncul dalam seleksi CPNS:

  1. Verbal: Pilih kata yang paling sinonim dengan kata yang diberikan. Contoh: Besar adalah sinonim dari… a) Kecil b) Tinggi c) Panjang d) Kuat
  2. Numerik: Jika 8 + 4 = 96, maka 7 + 3 = … a) 48 b) 56 c) 64 d) 72
  3. Figural: Pilih gambar yang melengkapi deretan gambar di bawah ini. (Gambar deretan A – B – C – ?) a) D b) E c) F d) G
  4. Analisis Analogi: Sepatu adalah kaki seperti topi adalah… a) Kepala b) Wajah c) Mata d) Rambut
  5. Silogisme: Pernyataan 1: Semua manusia adalah makhluk hidup. Pernyataan 2: Semua makhluk hidup bernapas. Kesimpulan: … a) Semua manusia bernapas. b) Tidak ada manusia yang bernapas. c) Beberapa manusia bernapas. d) Tidak ada hubungan antara manusia dan bernapas.
  6. Berhitung: Jika 3 apel + 2 apel = 15, maka 4 apel + 3 apel = … a) 20 b) 25 c) 30 d) 35
  7. Deret Angka: 2, 4, 8, 16, … Kelanjutan deret di atas adalah… a) 18 b) 20 c) 24 d) 32
  8. Perbandingan Kuantitatif: Jika 6 pensil harganya 9000, berapa harga 9 pensil? a) 12000 b) 13500 c) 15000 d) 18000
  9. Kemampuan Analitis Figural: Pilih gambar yang melengkapi pola di bawah ini. (Gambar pola A – B – ?) a) C b) D c) E d) F
  10. Kemampuan Logis: Jika semua kucing suka susu dan Felix suka susu, maka … a) Felix adalah kucing. b) Felix bukan kucing. c) Semua yang suka susu adalah kucing. d) Semua kucing suka Felix.

Ingatlah bahwa ini hanyalah contoh-contoh umum dari jenis soal TIU yang mungkin muncul dalam tes CPNS. Soal-soal sebenarnya bisa jauh lebih beragam dan kompleks.

Contoh Tes TWK

contoh soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang mungkin muncul dalam seleksi CPNS:

  1. Pancasila sebagai Dasar Negara: Mana di antara berikut ini yang bukan merupakan sila dalam Pancasila? a) Ketuhanan Yang Maha Esa b) Kemanusiaan yang Adil dan Beradab c) Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia d) Persatuan Indonesia
  2. Bela Negara: Prinsip bela negara melibatkan… a) Kewajiban melawan musuh negara dengan senjata. b) Kewajiban menjaga keamanan negara dengan teknologi tinggi. c) Kewajiban melayani negara sesuai profesi masing-masing. d) Kewajiban membayar pajak dengan tepat.
  3. Integritas Pribadi: Integritas pribadi dalam konteks CPNS mencakup… a) Menjalankan tugas dengan efisiensi. b) Mematuhi aturan-aturan pemerintah. c) Memilih pekerjaan yang menguntungkan secara finansial. d) Menjaga prinsip-prinsip moral dan profesionalisme.
  4. Kepemimpinan Nasional: Kepemimpinan nasional mengacu pada… a) Mencapai posisi puncak dalam struktur pemerintahan. b) Kemampuan memimpin dalam skala nasional dengan visi yang baik. c) Memiliki pengaruh yang kuat di tingkat internasional. d) Menguasai berbagai bahasa untuk berkomunikasi di forum internasional.
  5. Demokrasi dan Partisipasi: Partisipasi masyarakat dalam demokrasi terwujud melalui… a) Hak suara dalam pemilihan umum. b) Penolakan terhadap keputusan pemerintah. c) Memiliki hak istimewa dalam struktur pemerintahan. d) Kepemilikan saham di perusahaan negara.
  6. Kepentingan Nasional: Kepentingan nasional mengutamakan… a) Kepentingan individu. b) Kepentingan asing. c) Kepentingan kelompok tertentu. d) Kepentingan bangsa dan negara.
  7. Keragaman Budaya: Sikap yang paling tepat dalam menghadapi perbedaan budaya adalah… a) Menilai budaya lain dari sudut pandang sendiri. b) Mengabaikan perbedaan budaya demi keharmonisan. c) Menghargai dan memahami perbedaan budaya. d) Memaksakan budaya sendiri kepada budaya lain.
  8. Pemberantasan Korupsi: Program pemberantasan korupsi di Indonesia dipimpin oleh… a) Kementerian Keuangan. b) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). c) Lembaga Pemasyarakatan. d) Kementerian Dalam Negeri.
  9. Kedaulatan dan Keutuhan NKRI: NKRI adalah singkatan dari… a) Negara Kesejahteraan Kita Rakyat Indonesia. b) Negara Kekuasaan Kesatuan Rakyat Indonesia. c) Negara Kesatuan Republik Indonesia. d) Negara Kebahagiaan Rakyat Indonesia.
  10. Pemberdayaan Masyarakat: Pemberdayaan masyarakat bertujuan untuk… a) Meningkatkan kekuatan militer negara. b) Meningkatkan pendapatan pemerintah. c) Meningkatkan kemandirian dan partisipasi masyarakat. d) Meningkatkan jumlah pegawai negeri.

Pastikan untuk memahami prinsip-prinsip dasar yang terkait dengan nilai-nilai TWK, mempelajari sistem perundangan seperti butir Pancasila, ayat dan pasal UUD 45 serta sejarah kebangsaan

Contoh Tes Karakter Pribadi

contoh soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yang mungkin muncul dalam seleksi CPNS:

  1. Sikap Terhadap Kerja Kelompok: Dalam situasi kerja kelompok, Anda lebih cenderung… a) Mengambil peran dominan untuk mengarahkan kelompok. b) Mengikuti arahan dan memberikan kontribusi saat diperlukan. c) Cenderung bekerja sendiri karena lebih efisien. d) Menjadi pasif dan kurang berkontribusi.
  2. Respon Terhadap Kritik: Bagaimana Anda merespons kritik konstruktif terhadap pekerjaan Anda? a) Menerima dengan terbuka dan berusaha memperbaiki. b) Membela diri dan merasa tersinggung. c) Mengabaikan kritik dan tidak mengindahkan. d) Merasa rendah diri dan tidak bersemangat.
  3. Toleransi Terhadap Tekanan: Bagaimana Anda menghadapi tekanan atau deadline yang ketat? a) Bersemangat dan produktif. b) Stres dan cemas. c) Malas dan tidak berminat. d) Tidak peduli dan santai.
  4. Empati Terhadap Rekan Kerja: Bagaimana Anda mendekati rekan kerja yang memiliki masalah pribadi? a) Mendengarkan dengan penuh perhatian dan menawarkan dukungan. b) Menghindari topik tersebut dan fokus pada pekerjaan. c) Menyarankan untuk segera mencari bantuan profesional. d) Mengabaikan dan tidak peduli.
  5. Ketekunan dan Kedisiplinan: Dalam menyelesaikan proyek yang kompleks, Anda lebih cenderung… a) Mudah merasa bosan dan beralih ke hal lain. b) Bertahan dan berusaha menyelesaikannya walaupun sulit. c) Menyerah dan mencari pekerjaan lain. d) Mengerjakan sesuai arahan, tetapi tanpa inisiatif tambahan.
  6. Kemampuan Menyeimbangkan Kehidupan Pribadi dan Kerja: Bagaimana Anda menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi? a) Selalu bekerja lebih lama demi prestasi. b) Berusaha membagi waktu secara seimbang antara keduanya. c) Lebih banyak menghabiskan waktu untuk kehidupan pribadi. d) Prioritas selalu di pekerjaan.
  7. Kepemimpinan dan Kerjasama: Dalam situasi kepemimpinan, Anda lebih cenderung… a) Membuat keputusan sendiri tanpa banyak konsultasi. b) Melibatkan anggota tim dalam pengambilan keputusan. c) Tidak tertarik untuk memimpin atau berkontribusi. d) Mencari pengakuan tanpa benar-benar memimpin.
  8. Integritas dan Etika Kerja: Anda menemukan kesalahan dalam laporan keuangan yang menguntungkan perusahaan Anda. Apa yang Anda lakukan? a) Melaporkan kesalahan tersebut kepada atasan. b) Mengabaikan kesalahan tersebut. c) Menggunakan kesalahan itu untuk keuntungan pribadi. d) Menutupi kesalahan tersebut agar tidak terungkap.
  9. Inisiatif dan Kreativitas: Bagaimana Anda merespon situasi yang memerlukan solusi kreatif? a) Menggunakan cara yang sudah terbukti. b) Mencari solusi yang berbeda dan inovatif. c) Tidak berusaha mencari solusi alternatif. d) Mengikuti arahan yang diberikan.
  10. Tanggung Jawab dan Akuntabilitas: Bagaimana Anda merespons jika Anda melakukan kesalahan dalam pekerjaan? a) Mengakui kesalahan tersebut dan mencari cara memperbaiki. b) Mencari alasan dan menyalahkan faktor lain. c) Mengabaikan kesalahan karena merasa tidak terlalu penting. d) Menutupi kesalahan tersebut dan berharap tidak terungkap.

Baca juga Tips Menjawab Soal TKP

Pastikan untuk merespons setiap pertanyaan dengan jujur dan sesuai dengan nilai-nilai integritas dan profesionalisme. Soal-soal ini dirancang untuk menggali karakteristik pribadi Anda dalam konteks lingkungan kerja.

Untuk dapat lulus dari tahapan tes TKD, peserta CASN harus lolos passing grade TIU, TWK dan Karakter Pribadi sekaligus. Maksimalkan waktu untuk belajar agar bisa menghadapi soal TKD dengan baik

Salah satu Platform Diklat dengan 100% sertifikat terverifikasi asli by System. Ikuti berbagai Diklat yang diselenggarakan secara nasional. Daftar Diklat Terbaru Klik Disini

Related Articles

Responses

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *