Daftar Formasi CPNS Lengkap 2023 Pusat dan Daerah

Daftar lengkap formasi CPNS 2023

Pemerintah telah mengumumkan bahwa tes seleksi untuk calon aparatur sipil negara (ASN) akan dimulai pada bulan September 2023.

Jumlah Formasi CPNS 2023 Berkurang 50%

Jumlah lowongan yang dibuka adalah sebanyak 572.496, yang lebih rendah dari proyeksi sebelumnya sebanyak 1,03 juta, mengalami penurunan hampir 50%.

Alokasi Formasi CPNS Pusat dan Daerah

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, mengungkapkan bahwa dari total lowongan tersebut, 572.496 akan dibagi untuk 72 instansi pemerintah pusat, dengan alokasi 78.862 ASN, dan untuk pemerintah daerah sebanyak 493.634 ASN.

Baca Juga Kenali 3 Jenis Tes TKD CPNS

Total Formasi Khusus CASN 2023

Dalam perincian alokasi formasi CASN, untuk pemerintah pusat akan ada 28.903 formasi untuk CPNS dan 49.959 formasi untuk PPPK. Sedangkan untuk pemerintah daerah, alokasi khusus terdiri dari 296.084 formasi PPPK untuk Guru, 154.724 formasi PPPK Tenaga Kesehatan, dan 42.826 formasi PPPK Teknis.

Proses seleksi ini diharapkan akan berlangsung secara adil dan transparan, tanpa ada titip-menitip dalam seleksi. Tujuan dari rekrutmen ASN ini adalah untuk mendapatkan aparatur yang dapat memberikan kinerja yang berdampak positif bagi masyarakat, sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Akomodir Honorer dan Talenta Digital

Dalam seleksi CASN 2023, pemerintah akan memfokuskan pada tiga hal utama. Pertama, penekanan pada pelayanan dasar dengan pemberian banyak formasi untuk guru dan tenaga kesehatan, mencapai hampir 80% dari total formasi. Kedua, mengingat banyaknya program talenta digital yang digelar pemerintah seperti Digitalent, kesempatan rekrutmen akan diberikan kepada talenta digital dan data scientist. Terakhir, rekrutmen pada formasi yang terdampak oleh transformasi digital akan dikurangi.

Baca juga Pengumuman CASN 2023

Menurut Menteri Anas, rekrutmen ASN juga diarahkan untuk memperbaiki situasi tenaga honorer atau non-ASN. Sebanyak 80% dari total pelamar akan berasal dari kalangan tenaga honorer, sementara 20% sisanya terbuka untuk pelamar umum.

Proses pengadaan ASN akan mencakup berbagai jabatan fungsional dan pelaksana, yang didasarkan pada kebutuhan instansi serta penggantian yang mungkin terjadi akibat pensiun atau proses digitalisasi. Sektor kesehatan dan pendidikan menjadi prioritas dalam rekrutmen ini, sejalan dengan target pemerintah.

Baca juga Tata Cara dan Link Pendaftaran CPNS 2023

Dalam hal formasi, terdapat 28.903 formasi CPNS dan 543.593 formasi PPPK yang tersedia untuk instansi di pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Bagi mereka yang tertarik untuk mendaftar, mereka dapat mengakses laman resmi BKN untuk memeriksa formasi yang tersedia.

Baca juga Cara Membuat Akun SSCASN

Proses pendaftaran dapat dilakukan melalui portal sscasn.bkn.go.id, yang melibatkan pembuatan akun, pengisian informasi diri, pemilihan jenis seleksi dan formasi, serta pengunggahan dokumen yang diminta. Setelah pendaftaran selesai, kartu informasi akun dan kartu pendaftaran dapat dicetak.

Salah satu Platform Diklat dengan 100% sertifikat terverifikasi asli by System. Ikuti berbagai Diklat yang diselenggarakan secara nasional. Daftar Diklat Terbaru Klik Disini

Related Articles

Responses

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *