Resmi! Pendaftaran CASN Mulai 17 September

pendaftaran CASN

Pendaftaran CASN tahun 2023 akan dimulai pada tanggal 17 September dan berakhir pada tanggal 6 Oktober 2023. Nur Hasan, yang merupakan Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama (BHHK) Badan Kepegawaian Negara (BKN), mengingatkan agar masyarakat, terutama calon pelamar CASN, mengacu pada situs resmi pemerintah.

Baca juga Daftar Formasi CASN 2023

Pantau Syarat Pendaftaran CASN 16 September

“Nur Hasan menjelaskan bahwa calon pelamar CASN diharapkan untuk memperhatikan dengan baik persyaratan pendaftaran yang diumumkan oleh instansi masing-masing mulai dari tanggal 16 September 2023, sebelum mereka mendaftar melalui portal SSCASN BKN,” kata Nur Hasan di Jakarta, seperti yang dilaporkan pada hari Jumat (25/8/2023).

Situs portal tersebut dapat diakses melalui tautan https://sscasn.bkn.go.id/ dan kompatibel dengan peramban Google Chrome serta Mozilla Firefox versi terbaru.

Dalam rangka mendaftar, masyarakat diharuskan untuk memenuhi beberapa syarat, termasuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dengan usia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun. Persyaratan dokumen yang diperlukan mencakup:

  • Kartu Keluarga (KK)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  • Ijazah
  • Transkrip Nilai
  • Pas Foto (dengan latar belakang merah)
  • Dokumen lain yang sesuai dengan persyaratan jenis seleksi dan instansi yang dilamar

Baca juga Cara Membuat Akun SSCASN

Syarat Tambahan E-Meterai

Sebagai tambahan, pada tahun sebelumnya, pendaftaran memerlukan e-meterai pada sejumlah dokumen seperti surat lamaran, pernyataan, dan dokumen lainnya.

e-meterai CASN 2023

Meterai elektronik, atau e-Meterai, merujuk pada meterai yang diterapkan pada dokumen-dokumen dalam bentuk elektronik. Konformitas ini didasarkan pada Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 (UU ITE), terutama pada Pasal 5 ayat (1), yang menetapkan bahwa dokumen elektronik memiliki keabsahan sebagai alat bukti hukum yang sah. Karena alasan ini, dokumen elektronik diberikan status yang setara dengan dokumen fisik dalam kedudukannya.

Baca juga Contoh Soal Tes TIU TWK dan TKP

Untuk mendapatkan e-meterai, masyarakat dapat menghubungi distributor resmi yang terafiliasi dengan Perum Peruri. Berikut adalah daftar beberapa distributor tersebut:

Pendaftaran CASN 2023 diharapkan dapat menjaring ASN dan PPPK yang bersih dan berintegritas dan memberikan pelayanan maksimal pada masyarakat Indonesia

Salah satu Platform Diklat dengan 100% sertifikat terverifikasi asli by System. Ikuti berbagai Diklat yang diselenggarakan secara nasional. Daftar Diklat Terbaru Klik Disini

Related Articles

Responses

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *