Syarat Dokumen CPNS dan Cara Mengecilkan Ukuran File

cara upload dan mengecilkan dokumen CPNS

Salah satu persiapan awal yang perlu dilakukan adalah memenuhi persyaratan dokumen CPNS yang diminta oleh pihak penyelenggara seleksi. Namun, seringkali ukuran file dokumen menjadi tantangan tersendiri, terutama jika Anda harus memenuhi batas ukuran yang ditetapkan.

Artikel ini didedikasikan untuk membantu Anda mengatasi masalah ukuran file dokumen persyaratan CPNS di Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN). Kami akan menyajikan sejumlah tips praktis yang akan membantu Anda mengecilkan ukuran file dokumen agar sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan. Dari kompresi gambar hingga konversi format, kami akan membimbing Anda dalam proses pengolahan dokumen agar Anda dapat mengunggahnya dengan lancar dalam seleksi yang Anda ikuti.

Kami memahami betapa pentingnya persiapan yang tepat dan efisien dalam menghadapi seleksi CASN. Dengan mengikuti panduan-panduan yang kami sajikan, Anda dapat memastikan bahwa dokumen-dokumen Anda memenuhi persyaratan teknis sehingga Anda dapat fokus pada persiapan materi dan menghadapi seleksi dengan percaya diri.

Baca juga Cara Membuat Akun SSCASN 2023

Yuk ikuti tips-tips mengecilkan ukuran file dokumen persyaratan CPNS di SSCASN dan mempersiapkan langkah awal menuju karir dalam pelayanan publik.

Syarat Kebutuhan Dokumen CASN 2023

Meskipun syarat kebutuhan dokumen CPNS/CASN 2023 belum muncul di halaman website SSCASN, namun berdasar pengalaman CPNS tahun sebelumnya berikut adalah kriteria dokumen CPNS yang dibutuhkan

  1. Scan Pasfoto:
    • Ukuran maksimal: 200 Kb
    • Tipe file: jpeg/jpg
  2. Scan Swafoto:
    • Ukuran maksimal: 200 Kb
    • Tipe file: jpeg/jpg
  3. Scan KTP:
    • Ukuran maksimal: 200 Kb
    • Tipe file: jpeg/jpg
  4. Scan Surat Lamaran:
    • Ukuran maksimal: 300 Kb
    • Tipe file: pdf
  5. Scan Ijazah + Serdik/STR:
    • Ukuran maksimal: 800 Kb
    • Tipe file: pdf
  6. Scan Transkrip Nilai:
    • Ukuran maksimal: 500 Kb
    • Tipe file: pdf
  7. Scan Dokumen Pendukung lainnya:
    • Ukuran maksimal: 800 Kb
    • Tipe file: pdf

Pastikan Anda memeriksa ulang setiap dokumen yang Anda siapkan untuk memastikan bahwa ukuran dan formatnya sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak penyelenggara seleksi CPNS.

Baca juga Link Pendaftaran CASN 2023

Jika dokumen Anda memiliki ukuran yang lebih besar, Anda dapat mengikuti tips berikut untuk mengurangi ukuran dokumen sebelum mengunggahnya untuk seleksi.

Cara Mengecilkan File Dokumen CPNS

Jika Anda memiliki file gambar dengan ukuran yang besar dan perlu menguranginya sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan untuk mengikuti seleksi, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

  1. Menggunakan Software Pengompresi Gambar: Anda dapat menggunakan perangkat lunak pengompres gambar seperti Adobe Photoshop, GIMP, atau aplikasi online seperti TinyPNG atau Compressor.io untuk mengurangi ukuran file gambar tanpa mengorbankan kualitas yang terlalu signifikan.
  2. Mengubah Kualitas Gambar: Saat menyimpan gambar dalam format jpeg/jpg, Anda biasanya memiliki opsi untuk mengubah tingkat kualitas gambar. Mengurangi kualitas gambar sedikit dapat membantu mengurangi ukuran file tanpa mengurangi detail yang terlalu jelas.
  3. Resolusi Lebih Rendah: Menurunkan resolusi gambar juga dapat membantu mengurangi ukuran file. Namun, pastikan resolusi tetap cukup jelas dan mudah terbaca.
  4. Crop dan Trim: Menggunakan fungsi crop dan trim dalam perangkat lunak pengeditan gambar dapat membantu menghilangkan bagian yang tidak diperlukan dari gambar, sehingga ukuran file berkurang.
  5. Konversi ke Format Lain: Jika gambar awalnya dalam format lain seperti PNG, pertimbangkan untuk mengonversinya ke format jpeg/jpg yang cenderung memiliki ukuran file lebih kecil. Gunakan file JPG mengingat format baru seperti webp yang lebih kecil kemungkinan belum disupport oleh SSCASN.
  6. Menggunakan Aplikasi Online: Ada banyak situs web dan aplikasi online yang dapat membantu Anda mengompres gambar dan file dengan mudah. Anda hanya perlu mengunggah gambar dan mengunduh versi yang lebih ringan.
  7. Menggunakan Aplikasi Smartphone: Banyak aplikasi pengeditan gambar di ponsel pintar yang memiliki opsi pengompresan. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengurangi ukuran gambar langsung dari perangkat Anda.
  8. Hapus Data Tambahan: Beberapa gambar memiliki data tambahan atau metadata yang tidak perlu, seperti informasi kamera atau lokasi. Menghapus metadata ini juga dapat membantu mengurangi ukuran file.

Cara Mengecilkan Foto Secara Online Menggunakan TinyJPG

cara mengecilkan dokumen CPNS file JPG 200kb SSCASN

TinyJPG adalah layanan online yang berguna untuk mengompres gambar/foto dengan kualitas yang relatif tinggi, sementara tetap menjaga ukuran file yang lebih kecil. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengecilkan gambar menggunakan TinyJPG:

  1. Buka Situs TinyJPG: Akses situs web TinyJPG di alamat https://tinyjpg.com/ pada browser Anda.
  2. Unggah Gambar: Di halaman utama TinyJPG, Anda akan melihat area untuk mengunggah gambar. Klik tombol “Drop your .jpg or .png files here!” atau tarik-dan-letakkan file gambar Anda ke area tersebut.
  3. Proses Kompresi: Setelah mengunggah gambar, TinyJPG akan mulai memproses kompresi. Anda akan melihat animasi berputar saat ini berlangsung. Tunggu beberapa saat hingga kompresi selesai.
  4. Unduh Gambar Kecil: Setelah proses kompresi selesai, gambar yang sudah dikompresi akan ditampilkan. Anda akan melihat perbandingan antara gambar asli dan gambar yang dikompresi. Klik tombol “Download All” untuk mengunduh gambar yang sudah dikompresi.
  5. Simpan Gambar: Gambar yang sudah dikompresi akan diunduh dalam bentuk file jpeg untuk file satuan, atau format zip jika Anda mengunggah dan mendownload beberapa gambar sekaligus. Ekstrak file zip tersebut untuk mendapatkan gambar-gambar yang telah dikompresi dalam format jpeg.

Cara Mengkompresi File PDF Dokumen CASN Online

cara kompres PDF dokumen CPNS 2023

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengkompresi file PDF hingga ukuran 200 KB menggunakan layanan online di https://smallpdf.com/compress-pdf:

  1. Buka Situs Smallpdf: Akses situs web Smallpdf di alamat https://smallpdf.com/compress-pdf pada browser Anda.
  2. Unggah File PDF: Di halaman utama Smallpdf, Anda akan melihat area untuk mengunggah file PDF. Klik tombol “Choose file” atau tarik-dan-letakkan file PDF yang ingin Anda kompres ke dalam area tersebut.
  3. Proses Kompresi: Setelah mengunggah file PDF, Smallpdf akan mulai memproses kompresi. Tunggu beberapa saat hingga kompresi selesai.
  4. Unduh File Kompresi: Setelah proses kompresi selesai, file PDF yang sudah dikompresi akan ditampilkan. Anda akan melihat ukuran file baru dan persentase kompresi yang berhasil. Klik tombol “Download” untuk mengunduh file PDF yang sudah dikompresi.
  5. Simpan File: File PDF yang sudah dikompresi akan diunduh. Simpan file ini di lokasi yang Anda inginkan di komputer Anda.
  6. Periksa Isi dan Kualitas: Setelah mengunduh file PDF yang sudah dikompresi, pastikan untuk membuka dan memeriksa isinya serta memastikan bahwa kualitas konten masih terjaga dengan baik.

Pastikan untuk memeriksa kembali ukuran file PDF yang sudah dikompresi dan memastikan bahwa ukurannya tidak melebihi batas 200 KB yang ditetapkan. Setelah itu, Anda dapat menggunakan file PDF yang sudah dikompresi sesuai dengan persyaratan dokumen seleksi CPNS.

Pastikan Anda melakukan beberapa percobaan untuk mencapai keseimbangan antara ukuran file dan kualitas gambar yang dapat diterima. Setelah Anda berhasil mengurangi ukuran file sesuai dengan persyaratan, pastikan bahwa gambar masih terlihat jelas dan mudah terbaca.

Salah satu Platform Diklat dengan 100% sertifikat terverifikasi asli by System. Ikuti berbagai Diklat yang diselenggarakan secara nasional. Daftar Diklat Terbaru Klik Disini

Related Articles

Responses

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *