Tata Cara dan Link Pendaftaran CPNS 2023

persiapan pendaftaran CPNS 2023

Pemerintah Indonesia telah mengumumkan pembukaan pendaftaran CPNS & Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk tahun 2023. Informasi ini menjadi kabar baik bagi mereka yang bercita-cita untuk menjadi bagian dari administrasi publik yang profesional dan berdedikasi. Proses pendaftaran akan dilakukan melalui portal Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN), yang sedang disiapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Dalam upaya untuk mempermudah pendaftaran, BKN telah menyediakan portal SSCASN yang dapat diakses melalui tautan https://sscasn.bkn.go.id/. Masyarakat diharapkan menggunakan browser Google Chrome atau Mozilla Firefox versi terbaru untuk mengakses portal ini dan mengikuti proses pendaftaran dengan seksama.

Baca juga Tiga Kebijakan CASN 2023

Link Pendaftaran CPNS 2023

Ada lebih dari 1 juta formasi Aparatur Sipil Negara yang akan dibuka dalam penerimaan CPNS tahun 2023. Link tautan pendaftaran CPNS 2023 untuk lulusan SMA dan perguruan tinggi akan sama. Seluruh proses pendaftaran akan dilakukan secara online melalui portal https//sscn.bkn.go.id.

Tata Cara Pendaftaran CPNS /CASN 2023

Salah satu persyaratan utama yang perlu diperhatikan calon pelamar adalah mengenai usia. Sesuai dengan informasi yang tercantum di situs BKN, hanya Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun saat mendaftar sebagai CPNS yang memenuhi syarat untuk mendaftar sebagai Calon Aparatur Sipil Negara.

link pendaftaran CPNS 2023

Berikut adalah langkah-langkah penting dalam proses pendaftaran CPNS 2023:

  1. Kunjungi portal SSCASN BKN untuk mendapatkan informasi terkait seluruh tahapan rekrutmen CASN.
  2. Calon pelamar diwajibkan memahami tata cara pendaftaran serta syarat-syarat yang berlaku dengan teliti.
  3. Di portal SSCASN, terdapat berbagai menu yang berisi informasi yang diperlukan oleh calon pelamar.
  4. Calon pelamar dapat mengklik opsi “Alur” untuk memahami tata cara pendaftaran Seleksi CASN 2022 dengan baik.
  5. Opsi “FAQ” juga disediakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan umum mengenai kendala yang mungkin dihadapi saat proses pendaftaran.
  6. Pilihan “Login” akan membawa calon pelamar ke portal pendaftaran Seleksi CASN.
  7. Bagi yang belum memiliki akun, opsi “Buat Akun” dapat dipilih untuk memulai proses pendaftaran, termasuk pengisian data, biodata, pemilihan jenis seleksi, mendaftar formasi, hingga mengunggah dokumen yang diperlukan.

Baca juga Cara Membuat Akun SSCASN BKN 2023

Persiapan Dokumen Seleksi CPNS

Terkait persyaratan dokumen pendaftaran CPNS 2023, calon pelamar diharuskan menyiapkan beberapa dokumen penting, antara lain:

  1. Kartu Keluarga (KK)
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  3. Ijazah
  4. Transkrip Nilai
  5. Pas Foto dengan latar belakang merah
  6. Dokumen lain yang sesuai dengan ketentuan jenis seleksi dan instansi yang akan dilamar

Tahun sebelumnya, pendaftaran CASN melibatkan penggunaan e-meterai untuk beberapa dokumen seperti surat lamaran, surat pernyataan, dan dokumen lainnya.

Dengan informasi yang telah disampaikan, calon pelamar diharapkan siap mengikuti proses pendaftaran CPNS 2023 dengan persyaratan yang sesuai dan dokumen yang lengkap. Pemantauan terus-menerus terhadap situs resmi BKN atau instansi terkait sangat penting untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai jadwal, persyaratan, dan perkembangan terkait proses seleksi CPNS.

Salah satu Platform Diklat dengan 100% sertifikat terverifikasi asli by System. Ikuti berbagai Diklat yang diselenggarakan secara nasional. Daftar Diklat Terbaru Klik Disini

Related Articles

Responses

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *