Tiga Jenis Tes CPNS TKD

jenis tes cpns 2023

Tes CPNS 2023 merupakan awal untuk menggapai impian menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diidamkan oleh banyak individu. Selain menjanjikan gaji yang stabil dari pemerintah setiap bulannya, tunjangan-tunjangan menarik juga memberikan jaminan kehidupan yang mapan hingga masa pensiun.

Baca juga Pemerintah Gelar CASN September 2023

Namun, mencapai status ASN/PNS bukanlah perjalanan mudah. Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) harus melewati serangkaian tahapan sebelum akhirnya diangkat menjadi PNS, dan salah satu tahapannya adalah menghadapi tes kemampuan dasar.

Baca juga Tata Cara Pendaftaran CPNS 2023

Tahap tes ini biasanya berlangsung setelah pengumuman hasil seleksi administrasi untuk CPNS 2023 yang memenuhi persyaratan telah diumumkan.

Sambil menunggu pengumuman hasil administrasi, para peserta CASN disarankan untuk mempersiapkan diri dengan latihan simulasi soal-soal tes kemampuan dasar sejak dini, agar siap menghadapi tahap tes saat tiba.

Baca juga Cara Membuat Akun SSCASN 2023

Jenis Tes CPNS

Saat ini, tes kemampuan dasar dalam seleksi CPNS menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) atau tes berbasis komputer, yang terdiri dari tiga jenis: Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) Pada tes ini, peserta diuji mengenai pemahaman tentang nilai-nilai nasionalisme, integritas, bela negara, dan pilar negara. Tes ini melibatkan pemahaman terhadap nilai-nilai dalam Pancasila, identitas nasional, dan kepentingan nasional.
  2. Tes Intelegensia Umum (TIU) Tes ini mengukur sejauh mana kemampuan berpikir logis dan analitis peserta. Soal-soal mencakup aspek verbal, numerik, dan figural. Peserta diuji dalam hal analogi, silogisme, perhitungan matematis, deret angka, perbandingan kuantitatif, dan kemampuan analitis figural.
  3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) Tes ini bertujuan mengukur karakter dan psikologi kepribadian calon pegawai negeri. Soal-soal berbentuk contoh kasus yang sering terjadi di lingkungan kerja, menguji kemampuan peserta dalam menempatkan diri saat mengemban peran sebagai pegawai.

Penilaian pada ketiga jenis tes tersebut ditentukan oleh jumlah soal dan bobot yang diberikan. Setiap peserta harus mencapai nilai setidaknya sesuai passing grade yang ditetapkan.

Baca juga Latihan Soal dan Contoh TIU TWK TKP

Alokasi Waktu Tes CPNS

Passing grade untuk masing-masing tes adalah minimal 65 untuk TWK, 80 untuk TIU, dan 166 untuk TKP. Karena durasi waktu tes sangat terbatas, hanya 60 menit untuk setiap tes, para peserta harus pandai mengatur waktu dengan efisien.

Selain itu, penting bagi peserta untuk menjawab semua pertanyaan tes CPNS yang disajikan, karena setiap jawaban akan mempengaruhi penilaian akhir.

Salah satu Platform Diklat dengan 100% sertifikat terverifikasi asli by System. Ikuti berbagai Diklat yang diselenggarakan secara nasional. Daftar Diklat Terbaru Klik Disini

Related Articles

Responses

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *