Tiga Kebijakan CASN 2023 untuk PPPK dan CPNS

jadwal CASN 2023

Pada rapat koordinasi persiapan pengadaan seleksi CASN 2023 (Calon Aparatur Sipil Negara), Menteri PANRB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), Abdullah Azwar Anas, mengumumkan jadwal seleksi guru PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja), CASN dan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) untuk tahun 2023. Dalam kesempatan tersebut, Anas juga menyoroti tiga arah kebijakan yang akan menjadi panduan dalam perekrutan ASN melalui seleksi PPPK, CASN, dan CPNS tahun 2023.

Tiga Kebijakan Seleksi CASN 2023

Fokus Formasi Pelayanan Dasar

Kebijakan pertama yang diutamakan adalah fokus pada formasi pelayanan dasar dalam seleksi CASN, PPPK, dan CPNS tahun 2023, seperti guru dan tenaga kesehatan. Hal ini merupakan upaya untuk memprioritaskan sektor-sektor kritis yang berkontribusi pada pelayanan publik.

Baca juga Cara Membuat Akun SSCASN CPNS 2023

Kesempatan untuk Talenta Digital

Selanjutnya, kebijakan kedua adalah memberikan kesempatan lebih luas bagi data scientist dan talenta digital. Pemerintah ingin meningkatkan kapabilitas di bidang teknologi informasi dan data untuk mendukung transformasi digital dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Mengurangi Perekrutan Tenaga Honorer

Sementara untuk kebijakan ketiga, pemerintah akan mengurangi perekrutan formasi yang berhubungan dengan tenaga honorer. Tujuan dari kebijakan ini adalah untuk menangani isu tenaga honorer di lingkungan instansi pemerintah. Data dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat adanya sekitar 2,3 juta tenaga honorer yang ingin diakomodasi melalui seleksi ASN.

Berdasarkan hasil rapat koordinasi terbaru, pemerintah telah menetapkan sebanyak 572.496 formasi untuk 72 Kementerian/Lembaga untuk penerimaan ASN pada seleksi tahun 2023. Jumlah formasi yang ditetapkan sebelumnya adalah sebanyak 1.030.751, namun dikurangi menjadi 572.496 karena beberapa pemerintah daerah tidak mengoptimalkan penggunaan formasi yang telah ditetapkan sebelumnya.

Dari total formasi yang ditetapkan, terdapat 78.862 formasi untuk ASN di pusat dan 493.634 formasi untuk ASN di daerah. Formasi di pemerintah pusat terbagi menjadi 28.903 formasi untuk CPNS dan 49.959 formasi untuk PPPK. Sedangkan formasi di daerah terbagi menjadi 296.084 formasi untuk rekrutmen tenaga PPPK guru, 154.724 formasi untuk tenaga kesehatan, dan 42.826 formasi untuk tenaga teknis.

Baca juga Pemerintah Rencanakan CASN Awal September 2023

Alokasi 80% Tenaga Honorer dan 20% Umum

Pemerintah juga menyuarakan kebijakan yang berpihak kepada tenaga honorer dan eks THK-II (Tenaga Harian Khusus Golongan II). Dalam rangka itu, pemerintah akan membuka rekrutmen ASN dengan alokasi 80 persen dari kebutuhan formasi untuk tenaga honorer, dan sisanya, 20 persen, untuk pelamar umum. Hal ini sebagai upaya untuk memberikan kesempatan lebih besar kepada tenaga honorer untuk menjadi ASN.

Jadwal CASN 2023

Seleksi CASN, baik untuk pegawai PNS maupun PPPK, direncanakan akan dibuka atau dimulai pada bulan September tahun 2023. Namun, penting untuk diingat bahwa jadwal tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kewenangan pemerintah. Oleh karena itu, para tenaga honorer diharapkan untuk terus memantau informasi terkini melalui laman resmi atau media sosial yang terkait dengan pengumuman jadwal seleksi.

Perekrutan ASN tahun 2023 diharapkan dapat mengisi posisi kunci sebagai pemimpin di masa depan. Mereka akan berperan dalam menjalankan birokrasi yang berkualitas tinggi, sejalan dengan visi Indonesia Maju tahun 2045 untuk menjadi negara yang maju dan berkelas dunia.

Salah satu Platform Diklat dengan 100% sertifikat terverifikasi asli by System. Ikuti berbagai Diklat yang diselenggarakan secara nasional. Daftar Diklat Terbaru Klik Disini

Related Articles

Responses

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *