Peran Penting Pelatihan Applied Approach

pelatihan dan sertifikasi applied approach

Pelatihan dan sertifikasi Applied Approach (AA) memiliki peran penting dalam mengembangkan kemampuan dan kompetensi profesional para dosen. Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Negeri Gorontalo, Dr. Harto Malik, M.Hum, menjelaskan bahwa AA adalah wadah yang esensial dalam meningkatkan kualitas para dosen.

Diklat Applied Approach untuk Peningkatan Kompetensi Dosen

Menurut Dr. Harto Malik, memiliki kompetensi profesional memungkinkan para dosen untuk tetap relevan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan generasi saat ini. Melalui pelatihan ini, para peserta dapat menerapkan pengalaman mereka dalam pembelajaran serta mengevaluasi aspek-aspek yang perlu diperbaiki dalam metode mengajar mereka.

Baca juga Pengembangan Profesi Dosen

“Diklat ini sangat penting bagi dosen, karena dalam setiap materi akan diberikan informasi, pengetahuan dan keterampilan tentang bagaimana menjalankan profesi dosen dengan kompetensi profesionalnya harus menyesuaikan dengan Sistem Nasional Perguruan Tinggi (SNDikti) serta berbagai perkembangan lintas generasi. Semoga semua peserta dapat mengikuti diklat ini dengan serius dan dinyatakan lulus,” harapnya.

Apa yang Dipelajari di Pelatihan AA?

Dalam pelatihan AA, dosen diberikan bekal untuk membuat penelitian guna memperbaiki metode pembelajaran, melakukan riset untuk pengembangan, dan menulis artikel. Selain itu, peserta juga mendapatkan pemahaman tentang etika dan moral dalam pembelajaran, serta karakter sosial abad ke-21.

Baca juga Mengenal Konsep Tri Dharma Perguruan Tinggi

Harto mengungkapkan bahwa untuk mencapai hasil yang optimal, dosen perlu memiliki kemampuan pedagogis dan pembelajaran yang kuat, selain kemampuan dalam bidang ilmu.

Hal ini selaras dengan Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Pasal 39 ayat 2, yang menyatakan bahwa pendidik pada perguruan tinggi bertugas untuk merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, pembimbingan, pelatihan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Program Applied Approach (AA) dirancang oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk meningkatkan kompetensi pedagogis para dosen. Keterampilan pembelajaran memerlukan latihan dan peningkatan berkelanjutan.

Program AA sendiri merupakan bentuk tindak lanjut dari sistem PEKERTI yang juga ditujukan untuk meningkatkan profesionalisme dosen.

Dalam rangka mencapai pembelajaran berkualitas, dosen dapat memanfaatkan berbagai fasilitas, seperti komputer/laptop, LCD, video pembelajaran, dan internet. Buku juga tetap menjadi media pembelajaran utama yang mendukung kegiatan belajar dan mengajar.

Selain itu, program ini memberikan pelatihan dalam strategi pembelajaran, pendekatan, metode, model pembelajaran, penggunaan alat bantu mengajar, dan penulisan materi ajar. Semua ini mendukung keterampilan yang esensial bagi para dosen dalam menghadapi tuntutan pembelajaran yang semakin berkembang dan dinamis.

Baca juga Cara Mencari Jurnal Index Scopus

Dengan mengikuti program AA, dosen dapat mengasah kompetensi dan profesionalisme mereka, serta meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi.

Salah satu Platform Diklat dengan 100% sertifikat terverifikasi asli by System. Ikuti berbagai Diklat yang diselenggarakan secara nasional. Daftar Diklat Terbaru Klik Disini

Related Articles

Responses

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *