Tips Memilih Publikasi Ilmiah, Jurnal Internasional atau Nasional

publikasi ilmiah jurnal internasional

Ketika Anda berencana untuk menerbitkan karya ilmiah, baik itu makalah, artikel, atau jurnal, memilih tempat yang tepat untuk publikasi ilmiah adalah langkah penting. Tidak hanya akan memengaruhi kredibilitas karya Anda, tetapi juga dampak dan pengakuan dari kalangan akademis.

Artikel ini akan memberikan tips tentang bagaimana memilih publikasi ilmiah yang tepat, serta mengenali ciri-ciri jurnal internasional dan perbedaannya dengan jurnal nasional.

Baca juga Angka Kredit, Syarat Kenaikan Jabatan Dosen

Mengenali Ciri-Ciri Jurnal Internasional

1. Bahasa Internasional: Jurnal internasional umumnya ditulis dalam bahasa internasional yang telah diakui secara global seperti Inggris, Prancis, atau bahasa lain yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

2. ISSN: Jurnal internasional memiliki International Standard Serial Number (ISSN), sebuah nomor unik yang membedakan jurnal satu dengan yang lainnya. ISSN ini mencakup versi cetak dan digital dari jurnal.

3. Terbit Secara Online: Kehadiran jurnal secara daring menjadi ciri penting jurnal internasional. Publikasi online memungkinkan jurnal ini lebih mudah diakses oleh peneliti dari seluruh dunia.

4. Dewan Redaksi Lintas Negara: Jurnal internasional memiliki dewan redaksi yang berasal dari berbagai negara. Kehadiran dewan redaksi lintas negara menunjukkan kredibilitas dan relevansi jurnal secara global.

5. Penulis Multinasional: Jurnal internasional sering melibatkan penulis dari berbagai negara. Ini mencerminkan sifat global dan kolaboratif dari penelitian yang dipublikasikan.

Baca juga Pengembangan Profesi Dosen

6. Terindeks Internasional: Jurnal internasional biasanya terindeks dalam basis data terkenal seperti Scopus, Web of Science, atau indeks internasional lainnya. Indeks ini mengukur kualitas dan dampak dari jurnal tersebut.

7. Makalah Baru dan Orisinal: Jurnal internasional menerima makalah-makalah baru dan orisinal yang berkontribusi pada pengetahuan di bidang tertentu, bukan sekadar ulasan atau ringkasan.

Perbedaan Antara Jurnal Internasional dan Jurnal Nasional

Perbedaan antara jurnal internasional dan jurnal nasional dapat dilihat dari beberapa aspek:

1. Bahasa: Jurnal nasional umumnya ditulis dalam bahasa nasional negara tersebut, sedangkan jurnal internasional menggunakan bahasa internasional.

2. Jangkauan: Jurnal nasional cenderung memiliki fokus yang lebih lokal atau nasional, sementara jurnal internasional memiliki dampak global dan menarik perhatian dari peneliti internasional.

3. Indeksasi: Jurnal internasional sering terdaftar di basis data indeks internasional yang bergengsi, sementara jurnal nasional mungkin terdaftar dalam basis data nasional.

4. Editorial Board: Jurnal internasional biasanya memiliki dewan redaksi yang beragam dari berbagai negara, sedangkan jurnal nasional lebih cenderung memiliki dewan redaksi dari negara asalnya.

5. Dampak: Jurnal internasional cenderung memiliki dampak yang lebih besar karena lebih banyak dibaca dan dikutip oleh peneliti dari berbagai negara.

Tips Memilih Publikasi Ilmiah yang Tepat

  1. Tentukan Tujuan Anda: Pertimbangkan apakah Anda ingin berkontribusi pada penelitian global atau lebih fokus pada komunitas akademis di dalam negeri.
  2. Pilih Reputasi: Pilih jurnal yang memiliki reputasi baik dalam bidang penelitian Anda. Periksa faktor dampak dan indeksasi di berbagai basis data.
  3. Periksa Kredibilitas: Pastikan jurnal memiliki proses peninjauan yang ketat untuk memastikan kualitas makalah yang diterbitkan.
  4. Sesuaikan dengan Topik: Pilih jurnal yang sesuai dengan topik dan bidang penelitian Anda untuk meningkatkan peluang diterima.
  5. Baca Pedoman Penulisan: Teliti pedoman penulisan jurnal yang ditentukan oleh penerbit. Pastikan format dan gaya penulisan sesuai.
  6. Periksa Jangkauan: Perhatikan apakah jurnal tersebut memiliki jangkauan yang sesuai dengan cakupan penelitian Anda.
  7. Lihat Jurnal Sebelumnya: Baca beberapa artikel yang telah diterbitkan dalam jurnal tersebut untuk memahami gaya penulisan dan kualitasnya.
  8. Periksa Biaya Publikasi: Pastikan Anda memahami biaya yang terkait dengan publikasi di jurnal tersebut.
  9. Tanyakan Rekan Sejawat: Mintalah pendapat dari rekan sejawat atau pembimbing mengenai pilihan jurnal yang tepat.
  10. Patuhi Etika Publikasi: Pastikan Anda mengikuti etika publikasi yang berlaku, termasuk ketika memilih jurnal untuk publikasi.

Dalam memilih publikasi ilmiah, pemahaman mengenai ciri-ciri jurnal internasional dan perbedaannya dengan jurnal nasional akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih informatif dan tepat. Ingatlah bahwa pemilihan yang bijak dalam publikasi ilmiah akan membantu membangun reputasi dan dampak positif terhadap karya penelitian Anda.

Salah satu Platform Diklat dengan 100% sertifikat terverifikasi asli by System. Ikuti berbagai Diklat yang diselenggarakan secara nasional. Daftar Diklat Terbaru Klik Disini

Related Articles

Responses

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *