ANBK Sebagai Model Evaluasi Pendidikan Indonesia

Pengertian ANBK

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan program evaluasi yang dijalankan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Indonesia. Program ini dirancang sebagai pengganti dari Ujian Nasional, dengan tujuan untuk menghasilkan informasi akurat yang mampu memperbaiki mutu pendidikan di seluruh satuan pendidikan di Indonesia.

Pendidikan merupakan fondasi penting dalam pembentukan generasi penerus bangsa yang unggul dan berkualitas. Seiring dengan perkembangan zaman, pendekatan dalam mengukur dan meningkatkan kualitas pendidikan juga berubah. Salah satu bentuk terbaru dari evaluasi pendidikan di Indonesia adalah Asesmen Nasional Berbasis Komputer.

Perbedaan ANBK dan Ujian Nasional

ANBK merupakan sensus pembelajaran guna menilai efektivitas belajar siswa di sekolah, sementara itu ujian nasional merupakan penilaian akhir siswa dalam sebuah jenjang pendidikan dasar dan menengah.

ANBK diikuti oleh sampel siswa (45 siswa maksimal) ditambah cadangan, sementara itu Ujian Nasional wajib diikuti oleh peserta didik tingkat akhir dalam setiap jenjang pendidikan.

Mengapa ANBK Diperlukan?

Pentingnya ANBK sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan tak bisa diabaikan. ANBK menawarkan sejumlah keunggulan dan perbaikan dari pendekatan evaluasi pendidikan sebelumnya. Berikut beberapa alasan mengapa ANBK menjadi diperlukan:

Pemantauan Mutu dari Waktu ke Waktu

ANBK memungkinkan pemerintah dan pihak terkait untuk memantau perkembangan mutu pendidikan dari tahun ke tahun. Dengan demikian, keberhasilan kebijakan pendidikan dapat dinilai dan diukur secara lebih akurat.

Mengidentifikasi Kesenjangan Pendidikan

ANBK membantu dalam mengidentifikasi kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan. Hal ini mencakup kesenjangan antara kelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antara daerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu.

Dengan mengetahui kesenjangan ini, pemerintah dapat merumuskan kebijakan yang tepat untuk mengurangi disparitas dan memberikan kesempatan belajar yang lebih merata bagi semua siswa.

Mendorong Fokus pada Pengembangan Kompetensi dan Karakter Murid

ANBK memberikan gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif dalam mencapai tujuan utama pendidikan, yaitu pengembangan kompetensi dan karakter murid. Dengan demikian, ANBK mendorong satuan pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada aspek-aspek yang paling berdampak dalam meningkatkan mutu pembelajaran.

Evaluasi yang Lebih Komprehensif

Melalui tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar, ANBK menawarkan evaluasi yang lebih komprehensif tentang literasi membaca, literasi matematika, dan karakter siswa. Informasi yang diperoleh dari tiga instrumen ini memungkinkan analisis yang lebih mendalam tentang kemampuan siswa dan kondisi pembelajaran.

Baca juga Tujuan Pelaksanaan AKM

Tiga Instrumen ANBK

Seperti telah disebutkan sebelumnya, ANBK menggunakan tiga instrumen untuk mengukur dan mengevaluasi kualitas pendidikan:

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Instrumen ini digunakan untuk mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) siswa. Literasi membaca adalah kemampuan siswa untuk memahami dan menguasai berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah. Sementara itu, literasi matematika adalah kemampuan berpikir siswa dengan menggunakan perhitungan dalam menyelesaikan soal matematika.

Survei Karakter

Instrumen ini bertujuan untuk mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa. Terdapat enam karakter profil pelajar pancasila yang diukur melalui survei karakter, yaitu berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Survei Lingkungan Belajar

Instrumen ini digunakan untuk mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan. Survei lingkungan belajar dikerjakan oleh seluruh instrumen sekolah, termasuk murid, guru, dan kepala sekolah.

Tahapan Persiapan ANBK

Dalam pelaksanaan tes, sekolah penyelenggara dapat melaksanakan Asesmen Nasional secara mandiri maupun menumpang pada sekolah lain jika memiliki keterbatasan sumber daya seperti komputer.

Peserta Asesmen Nasional 2023 berasal dari kelas 5 untuk sekolah dasar, kelas 8 untuk SMP dan kelas 11 untuk jenjang SMA/SMK.

Tahapan ANBK sendiri dibagi menjadi empat tahapan yaitu

  1. Simulasi: Merupakan tahapan paling awal dalam persiapan untuk menguji sistem terbaru ANBK, dan kesiapan infrastruktur sekolah
  2. Gladi bersih: Merupakan tahapan persiapan terakhir yang biasanya dilaksanakan 1 minggu sebelum penyelenggaraan ANBK
  3. ANBK: Tahapan terakhir untuk melakukan uji asesmen kompetensi siswa.
  4. Sulingjar: Adalah tahapan yang dikhususkan untuk guru/tenaga pendidik di sekolah tersebut. Tahapan ini digunakan sebagai survei dari Kementerian Pendidikan untuk mengcrosscheck survei lingkungan belajar yang dilakukan pada saat pelaksanaan ANBK terhadap siswa sekolah tersebut.

Asesmen Nasional Berbasis Komputer adalah program evaluasi pendidikan yang digunakan sebagai pengganti Ujian Nasional di Indonesia.

Dengan menggunakan tiga instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar, Asesmen ini bertujuan untuk menghasilkan informasi akurat yang mampu memperbaiki kualitas belajar-mengajar, mengidentifikasi kesenjangan pendidikan, serta menumbuhkan fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter siswa.

Semoga Asesmen Nasional Berbasis Komputer mampu mendorong perbaikan mutu pendidikan di Indonesia dan menciptakan generasi unggul yang berdaya saing di tingkat global.

Salah satu Platform Diklat dengan 100% sertifikat terverifikasi asli by System. Ikuti berbagai Diklat yang diselenggarakan secara nasional. Daftar Diklat Terbaru Klik Disini

Related Articles

Responses

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *