Apa Saja Sih Tugas Pokok dan Fungsi Guru?

Tugas Pokok dan Fungsi Guru

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa di bidang pendidikan. Mereka memiliki peran sentral sebagai tugas pokok dan fungsinya dalam membentuk masa depan bangsa dengan memberikan pendidikan kepada generasi penerus. Tugas pokok dan fungsi guru meliputi berbagai aspek penting dalam proses belajar mengajar, mencakup perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan peningkatan mutu pendidikan.

Tugas Pokok Guru

Lalu apa saja tugas pokok dan fungsi guru? Kami akan meninjau secara rinci tugas pokok guru dan pentingnya peran mereka dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

1. Perencanaan Pembelajaran

Tugas pertama seorang guru adalah merencanakan pembelajaran dengan seksama. Mereka menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan program mingguan guru, yang mencakup materi pembelajaran, metode pengajaran, dan tujuan pembelajaran. Selain itu, guru juga menyiapkan Kertas Unjuk Kerja (KUK) dan mengumpulkan hasil Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk mendukung proses belajar siswa.

Baca juga Contoh RPP Pembelajaran Kurikulum Merdeka SD

2. Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran

Guru bertanggung jawab untuk mengajar dengan cara yang efektif dan efisien. Mereka menggunakan berbagai metode dan strategi pengajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, agar materi dapat lebih mudah dipahami dan menarik minat siswa terhadap pelajaran.

3. Penilaian Proses Belajar

Penilaian merupakan bagian penting dalam proses belajar mengajar. Guru melaksanakan berbagai bentuk penilaian, seperti ulangan harian, ulangan umum, dan ulangan akhir semester untuk mengevaluasi kemajuan belajar siswa. Penilaian ini membantu guru dalam menilai pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dan memperoleh wawasan mengenai metode pengajaran yang paling efektif.

Baca juga Mengenal Konsep P5 Kurikulum Merdeka

4. Analisis Hasil Penilaian

Setelah melakukan penilaian, guru menganalisis hasilnya untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa dalam pembelajaran. Dengan pemahaman ini, guru dapat menyesuaikan pendekatan pengajaran dan memberikan bantuan tambahan bagi siswa yang memerlukan dukungan ekstra.

5. Program Perbaikan dan Pengayaan

Guru bertanggung jawab untuk merancang dan melaksanakan program perbaikan untuk siswa yang mengalami kesulitan belajar. Di sisi lain, guru juga harus menyediakan program pengayaan bagi siswa yang memiliki potensi di luar standar kurikulum agar dapat mengembangkan kemampuan mereka secara optimal.

Baca juga Sikap Guru Unggulan yang Menginspirasi

6. Penggunaan Alat Pelajaran dan Alat Peraga

Guru kreatif dalam menyajikan materi pelajaran. Mereka membuat atau mempersiapkan alat pelajaran dan alat peraga untuk membantu visualisasi dan pemahaman lebih baik bagi siswa. Pendekatan ini berkontribusi pada meningkatkan daya tangkap siswa terhadap materi pembelajaran.

7. Administrasi dan Tugas Lainnya

Selain tugas mengajar, guru juga melaksanakan tugas administratif, seperti mengisi daftar hadir siswa, mengatur kebersihan ruang kelas dan ruang praktikum, serta mengumpulkan angka kredit untuk kenaikan pangkat guru.

Pentingnya Peran Guru dalam Pendidikan

Peran guru tidak dapat diragukan lagi dalam pembentukan karakter dan peningkatan kualitas generasi muda. Referensi sebelumnya menegaskan bahwa guru bertanggung jawab kepada kepala sekolah dan memiliki tugas melaksanakan kegiatan proses belajar secara efektif dan efisien.

Melalui tugas-tugasnya, guru dapat membimbing siswa untuk mencapai potensi maksimal dan membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan masa depan.

Dalam proses pendidikan, guru juga berperan sebagai model panutan bagi siswa dalam hal etika, moral, dan sikap positif. Mereka mendukung pembentukan karakter siswa sehingga tidak hanya menghasilkan individu cerdas secara akademis, tetapi juga berbudi pekerti luhur dan bertanggung jawab.

Baca juga Memfasilitasi Ragam Karakter Peserta Didik

Dalam kesimpulan, tugas pokok guru adalah sangat penting dan sangat beragam. Mereka tidak hanya menyampaikan materi pelajaran, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendorong perkembangan siswa dalam segala aspek kehidupan.

Semua ini mendasari peran guru sebagai salah satu pilar utama dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan membangun masa depan yang lebih baik untuk bangsa dan negara.

Salah satu Platform Diklat dengan 100% sertifikat terverifikasi asli by System. Ikuti berbagai Diklat yang diselenggarakan secara nasional. Daftar Diklat Terbaru Klik Disini

Related Articles

Responses

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *