Aplikasi ExamBrowser

aplikasi exambrowser ANBK

Aplikasi Exambro atau ExamBrowser adalah aplikasi utama dalam proses Asesmen Nasional. Dalam upaya meningkatkan keamanan dan kredibilitas Asesmen Nasional, Kemendikbud melalui Pusmenjar telah mengembangkan aplikasi Exambro atau ExamBrowser. Aplikasi ini bertujuan untuk membantu mengurangi kecurangan dan memastikan integritas proses ujian online bagi peserta didik selama Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2023.

Jenis ExamBrowser

Exambro Admin/Proktor

ExamBrowser memiliki dua versi yaitu versi admin/proktor dan versi client untuk siswa. Selain itu Exambro proktor juga dibuat menjadi dua varian yaitu Exambro Proktor Daring dan Semi-Daring. Exambro admin/proktor digunakan untuk mengatur proses pelaksanaan ANBK di tingkat sekolah.

Untuk Exambro semi-daring, proktor dan teknisi harus mempersiapkan Exambro agar terhubung dengan server lokal di setiap ruang ujian, sementara Exambro daring, proktor dan teknisi tidak perlu melakukan sinkronisasi dengan server, karena servernya menggunakan server Kemendikbud.

Exambro Client

ExamBrowser Client merupakan browser khusus yang didesain dengan tingkat keamanan tinggi, menghadirkan tampilan yang berbeda dari browser standar, dan mencegah akses ke aplikasi lain selama sesi ujian berlangsung. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir gangguan atau peluang untuk berbuat curang, sekaligus memastikan bahwa peserta yang menggunakan ExamBrowser adalah benar-benar peserta resmi dari Pusmenjar.

Salah satu fungsi utama dari ExamBrowser Client adalah menampilkan layar atau halaman tes secara penuh tanpa fitur navigasi. Dengan begitu, peserta ujian tidak dapat berpindah ke aplikasi lain selama mengerjakan soal ANBK. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki mekanisme verifikasi untuk memastikan bahwa peserta ujian menggunakan aplikasi resmi dari Pusmenjar, dan bukan versi yang tidak sah atau tidak dikenali.

Prasyarat ExamBrowser

Sebelum melaksanakan ujian menggunakan ExamBrowser, Pusmenjar menetapkan persyaratan spesifikasi minimal perangkat yang harus dipenuhi oleh peserta. Diantaranya adalah resolusi layar minimal 1024×720 piksel, sistem operasi 32 bit atau 64 bit (minimal Windows 7, Linux, Mac OS, Chrome OS, Thin client, Raspberry), CPU minimal 2 core, RAM 2 GB, dan koneksi internet minimal 12 Mbps untuk 15 client yang akan digunakan selama pelaksanaan ANBK.

Mengunduh Exambro

Aplikasi Asesmen Nasional ini bisa diunduh di halaman https://anbk.kemdikbud.go.id dan selalu diupdate ke versi terbaru. Proktor dan teknisi dapat mengunduh file terbaru di website tersebut. Selalu gunakan versi terbaru untuk dapat menjalankan tahapan ANBK dengan lancar.

link download exambrowser
link download exambrowser di halaman ANBK

Cara downloadnya adalah sebagai berikut

  1. Buka halaman anbk.kemdikbud.go.id
  2. Masukkan username, password dan kode keamanan
  3. Pada halaman dashboard pilih menu folder prerequiste di bagian kanan layar
  4. Download aplikasi yang sesuai dengan moda pelaksanaan asesmen di sekolah

Cara Memulai Sesi Asesmen Nasional

  1. Pastikan bahwa VHD ANBK sudah terinstal dan sudah disinkronisasi untuk sekolah dengan moda semi-daring
  2. Jalankan Exambrowser Admin
  3. Biarkan meload aplikasi Virtual Box dan server lokal hingga muncul tampilan login Windows
  4. Masukkan ID server dan password yang bisa dilihat di halaman web ANBK
  5. Pilih Sesi Asesmen Nasional
  6. Pilih Peserta Ujian
  7. Restart Exambro
  8. Tekan tombol token untuk dibagikan siswa pada saat pelaksanaan AN

Cara Menjalankan eXambrowser Client

Berikut adalah langkah-langkah untuk menjalankan ExamBrowser:

  1. Extraksi ExamBrowser Client yang terdiri dari 14 file dengan ukuran total sekitar 60 MB.
  2. Jalankan ExamBrowser.exe dengan mengklik dua kali atau klik kanan lalu pilih “Run as Administrator.”
  3. Klik tombol “Run” yang berada pada bagian bawah tampilan ExamBrowser. Pastikan aplikasi yang digunakan merupakan versi terbaru untuk memastikan kestabilan dan performa terbaik.
tampilan aplikasi ExamBrowser Client ANBK
tampilan aplikasi ExamBrowser Client ANBK

Dengan penggunaan ExamBrowser dalam Asesmen Nasional, diharapkan tingkat kecurangan dapat dikurangi secara signifikan. Kemampuan aplikasi ini untuk mencegah akses ke aplikasi lain dan menyajikan tampilan layar penuh akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap hasil dan integritas ANBK.

Pemerintah berkomitmen untuk terus mengembangkan dan meningkatkan keamanan aplikasi ini guna mendukung perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM) bangsa yang lebih baik melalui pendidikan nasional yang lebih berkualitas.

Salah satu Platform Diklat dengan 100% sertifikat terverifikasi asli by System. Ikuti berbagai Diklat yang diselenggarakan secara nasional. Daftar Diklat Terbaru Klik Disini

Related Articles

Responses

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *