Capaian Pembelajaran, Tujuan, dan Alur Tujuan Pembelajaran

Mengenal Capaian Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka

Dalam Kurikulum Merdeka, Capaian Pembelajaran (CP) adalah serangkaian kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik dalam setiap fase perkembangan mereka. Capaian Pembelajaran mencakup berbagai kompetensi dan materi pembelajaran yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi.

Fase Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Dikutip dari Pusat Informasi Pembelajaran Kemendikbud, dalam konteks pendidikan, Capaian Pembelajaran bagi pendidikan anak usia dini (PAUD) terdiri dari satu fase, yaitu fase Fondasi. Sementara itu, untuk pendidikan dasar dan menengah, Capaian Pembelajaran terdiri dari enam fase, yaitu fase A hingga fase F, yang mencakup seluruh mata pelajaran pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Setiap fase Capaian Pembelajaran ditentukan berdasarkan jenjang/kelas, seperti kelas 1-2 SD/MI/SDLB/Paket A untuk fase A, kelas 3-4 SD/MI/SDLB/Paket A untuk fase B, dan seterusnya. Selain itu, terdapat juga Capaian Pembelajaran khusus untuk peserta didik berkebutuhan khusus dengan hambatan intelektual dan peserta didik berkebutuhan khusus tanpa hambatan intelektual.

Baca Juga Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD

Pengertian Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran merupakan deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap, yang diperoleh oleh peserta didik dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran. Tujuan pembelajaran disusun dengan mempertimbangkan kemungkinan pengumpulan bukti yang eviden, yang dapat diamati dan diukur melalui asesmen, sehingga kemajuan peserta didik dapat dipantau secara jelas.

Baca Juga Diklat 40JP Metode Mengajar dengan Multimedia Interaktif 

Penulisan tujuan pembelajaran sebaiknya mencakup dua komponen utama, yaitu kompetensi dan lingkup materi. Komponen kompetensi berkaitan dengan kemampuan yang harus didemonstrasikan oleh peserta didik untuk menunjukkan bahwa mereka telah mencapai tujuan pembelajaran.

Pertanyaan-pertanyaan yang dapat membimbing guru dalam menyusun tujuan pembelajaran terkait dengan komponen kompetensi meliputi kemampuan konkret apa yang harus ditunjukkan oleh peserta didik dan tahapan berpikir apa yang harus didemonstrasikan oleh peserta didik untuk menunjukkan pencapaian kompetensi tersebut.

Baca Juga 3 Komponen Utama Kurikulum Merdeka

Komponen lingkup materi berhubungan dengan konten dan konsep utama yang harus dipahami oleh peserta didik pada akhir unit pembelajaran. Guru perlu mempertimbangkan konten apa yang harus dipelajari oleh peserta didik yang terkait dengan konsep besar yang dinyatakan dalam narasi Capaian Pembelajaran. Selain itu, lingkungan sekitar dan kehidupan sehari-hari peserta didik juga dapat digunakan sebagai konteks untuk mempelajari konsep tersebut.

Alur Tujuan Pembelajaran

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara sistematis dan logis dalam fase pembelajaran agar peserta didik dapat mencapai Capaian Pembelajaran yang telah ditetapkan. ATP menjadi panduan bagi guru dan peserta didik untuk mencapai Capaian Pembelajaran pada akhir fase pembelajaran.

Setiap poin dalam ATP disusun berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu dan guru dapat menyesuaikan ATP sesuai dengan konteks dan kebutuhan peserta didik di kelas. Pemerintah menyediakan contoh-contoh ATP yang dapat langsung digunakan atau dimodifikasi, serta memberikan panduan untuk penyusunan perangkat ajar.

Baca juga Profil Pelajar Pancasila 

Dalam hal ini, Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, dan Alur Tujuan Pembelajaran menjadi instrumen penting dalam merancang dan mengarahkan proses pembelajaran yang efektif. Dengan mengacu pada Capaian Pembelajaran, tujuan pembelajaran yang spesifik dan alur pembelajaran yang terstruktur, guru dapat membimbing peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan dalam setiap fase perkembangan mereka.

Salah satu Platform Diklat dengan 100% sertifikat terverifikasi asli by System. Ikuti berbagai Diklat yang diselenggarakan secara nasional. Daftar Diklat Terbaru Klik Disini

Related Articles

Responses

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *