Cara Cek Akun Belajar.Id untuk Pendidik

Belajar.id merupakan salah satu portal pendidikan yang hadir dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran daring di Indonesia. Portal ini dirancang untuk memberikan akses yang mudah dan efektif bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran.

Dengan menggunakan Akun Belajar.id, para pengguna dapat memperoleh beragam fitur dan konten edukatif yang bermanfaat.

Portal Belajar.id telah mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir, dan menjadi salah satu sarana utama dalam mendukung pembelajaran jarak jauh di Indonesia. Dengan mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi, portal ini memudahkan para Pendidik dan Tenaga Kependidikan untuk mengakses berbagai sumber daya pendidikan yang lengkap dan terstruktur.

Manfaat Portal Belajar.id

Berikut ini adalah beberapa fitur dan manfaat yang ditawarkan oleh Portal Belajar.id:

Akses ke Aplikasi Pembelajaran

Dengan menggunakan Akun Belajar.id, Pendidik dan Tenaga Kependidikan dapat mengakses berbagai aplikasi pembelajaran yang telah terintegrasi dengan portal ini. Aplikasi-aplikasi tersebut mencakup beragam materi pelajaran, soal-soal latihan, modul pembelajaran, video pembelajaran, dan banyak lagi. Dengan adanya akses yang terpusat melalui portal ini, para pengguna dapat dengan mudah memanfaatkan berbagai sumber daya pembelajaran yang relevan dengan bidang studi masing-masing.

Informasi dan Berita Pendidikan

Portal Belajar.id juga menyediakan informasi terkini seputar dunia pendidikan. Pengguna dapat mengakses berita-berita terbaru, kebijakan-kebijakan pendidikan, dan perkembangan terkini di bidang pendidikan. Hal ini memungkinkan Pendidik dan Tenaga Kependidikan untuk tetap mendapatkan informasi yang up-to-date dan relevan dengan kebutuhan mereka.

Baca Juga Cara Registrasi Guru Penggerak di Sim PKB

Kolaborasi dan Jaringan Profesional

Portal Belajar.id juga menjadi wadah untuk kolaborasi dan jaringan profesional antara Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Para pengguna dapat berinteraksi, berbagi pengalaman, dan saling memberikan masukan melalui fitur-fitur seperti forum diskusi, grup studi, dan jejaring sosial yang ada dalam portal ini. Hal ini membantu menciptakan komunitas pendidikan yang saling mendukung dan bertukar pengetahuan.

Pelatihan dan Pengembangan Profesional

Portal Belajar.id menyediakan beragam pelatihan dan program pengembangan profesional bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Melalui platform ini, mereka dapat mengikuti kursus online, webinar, dan workshop yang ditujukan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan mereka dalam mengajar dan memimpin proses pembelajaran. Dengan adanya akses yang mudah terhadap program-program ini, Pendidik dan Tenaga Kependidikan dapat terus mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas pendidikan yang mereka berikan.

Baca Juga Diklat Optimalisasi Potensi Siswa Berbasis Proyek

Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran

Portal Belajar.id juga dilengkapi dengan fitur monitoring dan evaluasi pembelajaran yang memungkinkan Pendidik dan Tenaga Kependidikan untuk melacak kemajuan dan perkembangan siswa secara online.

Mereka dapat mengakses data-data pembelajaran, hasil ujian, dan catatan-catatan lainnya yang terkait dengan proses pembelajaran. Hal ini membantu Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam melakukan analisis dan evaluasi yang lebih efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Cara Cek Akun Belajar.id untuk Pendidik

Dalam rangka mendapatkan Akun Belajar.id, Pendidik dan Tenaga Kependidikan dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disediakan di portal ini. Prosesnya meliputi pengisian informasi pribadi, verifikasi data, dan pengaktifan Akun. Dengan memiliki Akun Belajar.id, para pengguna dapat memanfaatkan semua fitur dan manfaat yang ditawarkan oleh portal ini.

Berikut adalah cara cek akun Belajar.id

  1. Kunjungi laman https://belajar.id dan pilih opsi ‘Pendidik dan Tenaga Kependidikan’ pada kotak ‘Cari tahu status Akun belajar.id Anda’.cara cek akun belajar.id
  2. Setelah memilih peran, klik tombol ‘Cari Akun belajar.id’.
  3. Masukkan Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN) Anda, lalu klik ‘Selanjutnya’.
  4. Jika Anda lupa NPSN, klik ikon ‘Lupa NPSN’  dan masukkan nama sekolah. Klik tombol ‘Cari NPSN Sekolah’. Jika data tidak ditemukan, coba masukkan nama sekolah dengan kota atau kabupaten.
  5. Alternatifnya, Anda dapat mencari NPSN melalui ‘Referensi NPSN’.Cara cari NPSN Sekolah

Catatan: Jika NPSN Anda tidak ditemukan, segera hubungi Operator Sekolah untuk memeriksa NPSN Anda di Dapodik.

  1. Masukkan ‘Nama Lengkap’ dan ‘Tanggal Lahir’ sesuai data di Dapodik. Klik ‘Selanjutnya’.
  2. Setelah mengisi informasi pribadi sesuai dengan data di Dapodik, status Akun Anda akan muncul sebagai ‘aktif’ atau ‘tidak aktif’.

Keunggulan Memiliki Akun Belajar.id yang Aktif

Akun Belajar.id berstatus ‘Aktif’ memiliki keunggulan yaitu

  1. Mengakses berbagai aplikasi Google Workspace (Classroom, Meet, Drive, Docs, Sheets, Slides, dan Form)

  2. Mengakses berbagai platform Kemendikbudristek (Merdeka Mengajar, SIMPKB, Forum TanyaBOS)

  3. Mengakses Chromebook

Jika Akun belajar.id Anda berstatus ‘aktif’ namun Anda lupa kata sandi (password) akun tersebut, Anda dapat mereset password secara mandiri melalui fitur Reset Password pada laman https://belajar.id.

Jika status Akun Anda adalah ‘Belum Aktif’, Anda dapat mengaktifkannya secara mandiri. Jika Akun Anda berstatus ‘Belum Aktif’, namun sebelumnya Anda telah berhasil login/aktif menggunakan Akun belajar.id, Akun Anda sudah dianggap teraktivasi. Untuk memperbarui status, periksalah laman belajar.id secara berkala.

Baca Juga Diklat Penerapan dan Perancangan P5 di Satuan Pendidikan

Jika akun Anda tidak tersedia, ada beberapa kemungkinan yang membuat Akun belajar.id Anda belum tersedia:

  1. Anda belum memiliki Akun belajar.id.
  2. Akun tidak ditemukan.

Jika saat memeriksa status Akun belajar.id Anda muncul pesan seperti itu, berarti Anda belum memiliki Akun belajar.id dan Anda perlu mengajukan pembuatan Akun secara mandiri.

Salah satu Platform Diklat dengan 100% sertifikat terverifikasi asli by System. Ikuti berbagai Diklat yang diselenggarakan secara nasional. Daftar Diklat Terbaru Klik Disini

Related Articles

Responses

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *