Cara Ekstrak RAR File VHD ANBK 2023

Cara Ekstrak RAR Part VHD ANBK

File VHD ANBK 2023 tersedia dalam bentuk format RAR dan dibagikan untuk penggunaan ANBK 2023 nantinya, Proktor dan teknisi harus melakukan ekstrak RAR tersebut sebelum file siap digunakan. File VHD ini digunakan untuk semua jenjang baik SD, SMP hingga SMK.

Mengapa File VHD ANBK Menggunakan Bentuk RAR

Proses distribusi file VHD ANBK dilakukan secara daring dari pusat ke provinsi/kabupaten kota sebagai syarat pelaksanaan ANBK moda semi daring. Penggunaan metode kompresi RAR ini dimaksudkan untuk mempermudah proses download yang dilakukan oleh setiap satuan pendidikan.

Manfaat Menggunakan File RAR Part

Mengirim file menggunakan RAR terbagi dalam part atau yang lebih dikenal dengan sebutan “file RAR part” memiliki beberapa manfaat yang membuatnya menjadi pilihan populer dalam pengiriman data secara online. Berikut adalah beberapa manfaat dari penggunaan RAR terbagi dalam part:

  1. Penghematan Ruang dan Waktu: Ketika Anda mengirim file besar atau banyak file sekaligus, mengompresnya dalam format RAR membantu menghemat ruang penyimpanan dan waktu proses pengiriman. File RAR terbagi dalam part memungkinkan Anda untuk membagi file besar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Ini bermanfaat terutama ketika Anda menghadapi batasan ukuran file yang diizinkan dalam sistem atau layanan pengiriman file.
  2. Memudahkan Pengiriman: Penggunaan file RAR part mempermudah proses pengiriman data melalui jaringan internet. Dalam kasus koneksi internet yang lambat atau tidak stabil, jika pengiriman file gagal di salah satu part, Anda hanya perlu mengirim ulang bagian yang bermasalah, bukan seluruh file.
  3. Data yang Tersimpan Aman: RAR menggunakan algoritma kompresi yang efisien, sehingga data Anda akan dikompres dengan baik. Selain itu, dengan adanya fungsi enkripsi yang tersedia dalam RAR, Anda dapat memberikan sandi pada file RAR Anda untuk meningkatkan keamanan data yang dikirim.
  4. Integritas Data yang Terjamin: File RAR memiliki fitur pemulihan yang dapat membantu memastikan integritas data yang terkompresi. Jika ada gangguan atau kesalahan saat proses pengiriman, fitur ini memungkinkan Anda untuk memperbaiki atau memulihkan file yang rusak dengan lebih mudah.
  5. Memisahkan File: Dengan menggunakan RAR part, Anda dapat memisahkan file besar menjadi beberapa bagian yang lebih kecil, sehingga memudahkan pengelolaan dan organisasi data. Bagian-bagian ini dapat diberi nama yang sesuai dengan kontennya, sehingga mempermudah pengguna untuk mengenali isi dari setiap bagian.
  6. Fleksibilitas dalam Pengunduhan: Penerima file RAR part dapat mengunduh bagian-bagian file secara terpisah, yang berarti mereka tidak perlu menunggu hingga seluruh file selesai diunggah. Hal ini memungkinkan pengunduhan parsial dan lebih efisien, terutama ketika koneksi internet tidak stabil.
  7. Mendukung Pengarsipan: Dengan menggunakan RAR part, Anda dapat mengarsipkan berbagai file dalam satu paket. Ini membantu dalam mengelompokkan dan menyimpan file terkait dalam satu folder atau paket yang mudah diatur dan diakses.

Penggunaan RAR terbagi dalam part memiliki sejumlah manfaat yang signifikan dalam mengirim file secara online. Keuntungan-keuntungan ini membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi kendala ukuran file besar dan kondisi jaringan yang tidak stabil dalam proses pengiriman data.

Dengan menggunakan kompresi terpisah menjadi beberapa part, maka akan menghindarkan satuan pendidikan mengalami kegagalan download sehingga harus mengulang download file secara manual.

cara ekstrak RAR ANBK
proses pelaksanaan ANBK

Besaran ukuran file VHD ANBK 2023 sendiri sebesar 17 GB, dan dibagi menjadi 26 part yang bisa bapak ibu download dari halaman ANBK Kemdikbud maupun melalui 16 link alternatif yang ada pada MyDiklat.

Baca juga 15 Link Alternatif Download VHD ANBK 2023

Cara Ekstrak File RAR ANBK 2023

Untuk melakukan ekstrak RAR file VHD ANBK 2023 caranya adalah sebagai berikut

  1. Download part 1 – part 26 file ANBK dari link download VHD ANBK
  2. Buka file part 1 ANBK menggunakan aplikasi winRAR, iZarc, winZIP maupun yang lain
  3. Ekstrak part 1 file RAR ANBK tersebut
  4. Masukan password pengekstrakan yaitu ANBK2023
  5. Aplikasi kompresi Anda akan mulai mengekstrak file RAR dari part 1 sampai part terakhir
  6. Setelah proses dekompresi/ekstrak selesai, file VHD siap digunakan untuk diinstal di server ANBK sekolah bapak ibu guru

Troubleshooting Kegagalan Ekstrak File RAR ANBK 2023

Jika proktor/teknisi ANBK mengalami kegagalan ekstrak file RAR ANBK, maka ada beberapa penyebab

  • File part tidak lengkap, cek kembali urutan part file ANBK yang telah di download, harus lengkap 26 part
  • File corrupt, salah satu file yang bapak ibu download belum berhasil terdownload sempurna, sehingga terjadi corrupt yang akan menggagalkan proses ekstraksi file VHD
  • Perhatikan bahwa ukuran PART 1-PART 25 file RAR adalah 700MB, dan PART 26 berukuran 350,9MB, jika salah satu PART berukuran kurang dari itu, silahkan download ulang file part tersebut

Semoga membantu tugas bapak ibu guru yang bertugas sebagai proktor/teknisi ANBK 2023

Salah satu Platform Diklat dengan 100% sertifikat terverifikasi asli by System. Ikuti berbagai Diklat yang diselenggarakan secara nasional. Daftar Diklat Terbaru Klik Disini

Related Articles

Responses

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *