Cara Menyusun Program Tahunan

pengertian program tahunan

Program tahunan atau Prota merupakan pilar penting dalam administrasi pembelajaran yang berfungsi sebagai panduan bagi guru untuk mengatur waktu pembelajaran dalam kurun waktu satu tahun ke depan. Dengan adanya Prota, guru dapat merencanakan kegiatan belajar mengajar secara terencana dan efektif guna mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditetapkan.

Program Tahunan disusun dan dikembangkan sebelum tahun pelajaran dimulai, karena menjadi pedoman bagi pengembangan program-program selanjutnya, seperti Program Semester Ganjil/Genap, Silabus, dan tentunya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Baca juga Perangkat Administrasi Guru

Dengan demikian, Program Tahunan (Prota) merupakan dokumen yang merinci alokasi waktu pembelajaran selama satu tahun pelajaran. Dokumen ini meliputi penyusunan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) yang akan dicapai dalam jangka waktu tersebut.

Tahapan Menyusun Program Tahunan

Proses penyusunan Prota memerlukan perencanaan yang matang dan perhatian terhadap beberapa aspek penting, seperti banyaknya materi pelajaran, kebutuhan siswa, tingkat kesulitan materi, dan struktur kurikulum yang berlaku. Dengan melakukan langkah-langkah penyusunan Prota yang tepat, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang optimal dan memberikan dampak positif bagi proses pembelajaran.

Berikut adalah langkah-langkah menyusun Program Tahunan guru:

  1. Analisis Kalender Pendidikan: Perhatikan kalender pendidikan untuk menyesuaikan kegiatan belajar dengan karakter dan ciri-ciri unit satuan pendidikan. Identifikasi hari-hari libur, akhir tahun ajaran, jeda antar-semester, dan hari khusus lainnya untuk memberikan gambaran kegiatan belajar selama satu tahun.
  2. Tentukan Pekan/Minggu Efektif: Hitung jumlah minggu atau pekan efektif dalam satu tahun dengan mengurangi jumlah pekan yang tidak efektif, seperti hari libur dan hari peringatan khusus. Minggu efektif adalah hari-hari yang bisa digunakan untuk proses pembelajaran yang efektif dan efisien.
  3. Alokasi Waktu Kompetensi Dasar: Tetapkan alokasi waktu untuk setiap kompetensi dasar dalam kurikulum. Pertimbangkan tingkat kesulitan, ruang lingkup materi pelajaran, serta waktu yang diperlukan untuk mereview materi. Dengan begitu, Anda bisa mengatur distribusi pembelajaran selama satu tahun atau satu semester dengan tepat.
  4. Buat Tabel Program Tahunan: Susun Program Tahunan dalam bentuk tabel yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, konsep/sub konsep (pokok bahasan), alokasi waktu, dan keterangan. Buat tabel terpisah untuk semester 1 dan semester 2.
  5. Verifikasi dan Penandatanganan: Setelah menyusun Program Tahunan, pastikan tabel tersebut diperiksa oleh kepala sekolah dan guru yang bersangkutan. Setelah diverifikasi, tandatangani tabel tersebut sebagai bentuk persetujuan dan keseriusan dalam menjalankan rencana pembelajaran.
  6. Penyusunan Promes dan RPP: Setelah Prota disusun, langkah berikutnya adalah menyusun Program Semester (Promes) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan Prota yang telah ditetapkan. Promes merupakan gambaran bagaimana kegiatan belajar dilaksanakan selama satu semester ke depan, sedangkan RPP adalah rencana pelaksanaan pembelajaran yang terperinci untuk setiap pertemuan.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, guru dapat menyusun Program Tahunan yang efektif dan berdampak positif bagi proses pembelajaran.

Baca juga Pengertian Silabus

Contoh Prota Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

Bapak ibu yang ingin mencari contoh program tahunan bisa melihat contoh dibawah ini

PROGRAM TAHUNAN KURIKULUM MERDEKA

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

KELAS : I

MAPEL : BAHASA INDONESIA

 

NO NO. ATP

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

JML

SMT

1

1,1

Menyimak dan menanggapi bacaan tentang bunyi dan pancaindra secara lisan, mengenali abjad, merangkaisuku kata yang diawali huruf ‘b’, menulis huruf ‘B’ dan ‘b,’ serta menulis namanya sendiri

8

1

2

1,2

Menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain, mengenali tanda tanya dan tanda seru dalam kalimat, serta membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’

8

1

3

1,3

Menanggapi bacaan tentang cara menjaga kebersihan diri, membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘k’

8

1

4

1,4

Menyimak, menanggapi, dan menirukan gerakan pada bacaan tentang aneka gerak, melakukan instruksi serta membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘l’

8

1

5

1,5

Menyimak dan menanggapi bacaan tentang sikap baik kepada teman, mengenali tanda titik pada akhir kalimat serta membaca dan menulis kata-kata yang diawali dengan huruf ‘m’

8

2

6

1,6

Menyimak dan menanggapi bacaan tentang keragaman di sekitar, membaca dan menulis kata yang diawali dengan huruf ‘g’

8

2

7

1,7

Menyimak dan menanggapi bacaan tentang hidup hemat, membaca dan menulis kata yang sering ditemui sehari-hari

8

2

8

1,8

Menyimak dan menanggapi bacaan tentang lingkungan dan pekerja di sekitar rumah, membaca dan menulis kata yang sering ditemui

8

2

JUMLAH

64

Baca juga Perbedaan Prota dan Prosem

Prota menjadi panduan yang membantu mengorganisir pembelajaran dengan baik, menyusun program-program selanjutnya, dan mengoptimalkan waktu pembelajaran agar kegiatan belajar mengajar berjalan lancar dan efisien. Dengan demikian, guru dapat mencapai target kompetensi dasar yang ditetapkan dan memberikan pengajaran yang lebih berkualitas bagi siswa.

Salah satu Platform Diklat dengan 100% sertifikat terverifikasi asli by System. Ikuti berbagai Diklat yang diselenggarakan secara nasional. Daftar Diklat Terbaru Klik Disini

Related Articles

Responses

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *