Contoh Prota dan Prosem Kurikulum Merdeka

perbedaan prota dan prosem

Dalam Kurikulum Merdeka, Program Tahunan (Prota) dan Program Semester (Prosem) adalah dua komponen penting dalam perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Masing-masing memiliki fungsi dan cakupan yang berbeda dalam menentukan rencana pembelajaran pada tingkat satuan pendidikan.

Pengertian Prota dan Prosem

Berikut adalah pengertian dan perbedaan antara Prota dan Prosem:

Program Tahunan (Prota)

Program Tahunan (Prota) adalah dokumen perencanaan pembelajaran yang merinci rencana kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan dalam satu tahun pelajaran. Prota biasanya mencakup periode waktu satu tahun penuh, dan bersifat lebih luas dan menyeluruh daripada Program Semester (Promes).

Prota berfungsi sebagai panduan umum dalam merencanakan pembelajaran untuk satu tahun ke depan, yang meliputi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, strategi pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar.

Baca Juga SK NIPPPK Guru Keluar Bulan Ini

Program Semester (Prosem)

Program Semester (Prosem) adalah dokumen perencanaan pembelajaran yang lebih spesifik, yang merinci rencana pembelajaran untuk satu semester pelajaran. Prosem Kurikulum Merdeka mencakup periode waktu enam bulan atau setengah tahun pelajaran. Prosem berfungsi sebagai panduan rinci dan terperinci dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam jangka waktu yang lebih singkat. Prosem mencakup tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, strategi pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar yang spesifik untuk setiap semester.

Baca juga Asesmen Kompetensi Minimal

Perbedaan Prota dan Prosem Kurikulum Merdeka

prota dan prosem kurikulum merdeka

Perbedaan antara Prota dan Prosem dalam Kurikulum Merdeka dapat diringkas sebagai berikut:

  • Waktu: Prota mencakup periode satu tahun pelajaran, sedangkan Prosem mencakup periode setengah tahun pelajaran atau satu semester.
  • Cakupan: Prota memiliki cakupan yang lebih luas dan menyeluruh, mencakup keseluruhan tahun pelajaran, sedangkan Prosem lebih spesifik dan terperinci dalam merencanakan pembelajaran untuk setengah tahun pelajaran.

Baca juga Struktur baru Kurikulum Merdeka

  • Tingkat Detail: Prosem memberikan detail yang lebih spesifik dan rinci mengenai tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, strategi pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar untuk setiap semester, sementara Prota memberikan panduan umum yang meliputi aspek-aspek tersebut dalam periode satu tahun.

Kedua dokumen tersebut penting dalam merencanakan pembelajaran yang terarah, terstruktur, dan terintegrasi. Guru perlu menggunakan Prota dan Prosem sebagai panduan dalam menyusun rencana pembelajaran yang efektif, sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didik, serta memastikan pencapaian kompetensi yang diharapkan.

Baca Juga Komponen Utama Kurikulum Merdeka

Langkah Penyusunan Prota dan Prosem

  1. Mengidentifikasi strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran
  2. Menentukan metode penilaian yang akan digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik
  3. Mengintegrasikan sumber belajar yang relevan dengan materi pembelajaran
  4. Melakukan penyesuaian dan revisi berdasarkan feedback dan evaluasi hasil pembelajaran sebelumnya
  5. Menyusun jadwal atau waktu pelaksanaan pembelajaran yang memperhatikan alokasi waktu untuk setiap topik Menyusun rencana pembelajaran yang berfokus pada pembelajaran aktif, kreatif, dan kolaboratif
  6. Melakukan pemantauan dan evaluasi secara berkala terhadap implementasi Prota dan Prosem Melakukan refleksi dan penyesuaian untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran

Baca Juga Contoh RPP Kurikulum Merdeka

Langkah-langkah ini membantu guru dalam merencanakan pembelajaran yang terstruktur, terarah, dan sesuai dengan tujuan kurikulum. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, guru dapat memastikan bahwa Prota dan Prosem yang disusun memenuhi kebutuhan peserta didik, memungkinkan pembelajaran yang efektif, serta memberikan ruang untuk kreativitas dan inovasi dalam proses pembelajaran.

Salah satu Platform Diklat dengan 100% sertifikat terverifikasi asli by System. Ikuti berbagai Diklat yang diselenggarakan secara nasional. Daftar Diklat Terbaru Klik Disini

Related Articles

Responses

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *