Resmi!Aturan Seragam Sekolah 2023/2023 Dikeluarkan Kemdikbud

Resmi Aturan Seragam Sekolah 2023 2024

Peraturan terbaru terkait penggunaan seragam sekolah 2023/2024 untuk peserta didik telah dirilis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Peraturan ini berlaku untuk tingkat pendidikan dasar (SD), menengah pertama (SMP), menengah atas (SMA), serta sekolah menengah kejuruan (SMK).

Seperti yang kita ketahui, penggunaan seragam sekolah adalah kewajiban bagi siswa di tingkat pendidikan tersebut, sesuai dengan peraturan resmi yang telah disahkan oleh Menteri Pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan berbagai jenis seragam sekolah yang harus digunakan oleh siswa SD, SMP, dan SMA/SMK. Dalam tahun ajaran baru 2023/2024, penggunaan seragam harus memperhatikan hari-hari tertentu dan atribut yang ditentukan.

Aturan Seragam Sekolah 2023/2024 Kemendikbud

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Riset Teknologi Nomor 50 Tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah bagi Siswa di Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah mengatur berbagai jenis seragam secara detail.

Salah satu jenis seragam yang diwajibkan adalah seragam nasional. Seragam ini harus dikenakan pada setidaknya hari Senin dan Kamis. Selain itu, seragam nasional juga harus dipakai saat upacara bendera di sekolah. Jenis seragam ini bervariasi sesuai dengan jenjang pendidikan.

Baca juga Contoh Kesepakatan Kelas Siswa

Misalnya, siswa SD/SLB menggunakan kemeja putih dengan rok atau celana merah hati, siswa SMP/SLMPLB menggunakan kemeja putih dengan rok atau celana biru tua, dan siswa SMA/SMALB/SMK/SMKLB menggunakan kemeja putih dengan rok atau celana abu-abu.

Selain seragam nasional, seragam pramuka juga menjadi jenis seragam lainnya yang harus diperhatikan. Model dan warna seragam pramuka mengikuti aturan yang ditetapkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Hari penggunaan seragam pramuka ditentukan oleh sekolah.

Aturan Seragam Sekolah Khusus Dibebaskan untuk Satuan Pendidikan

Setiap sekolah juga diberikan keleluasaan untuk menetapkan seragam khas mereka masing-masing. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memperhatikan hak setiap siswa untuk menjalankan agama dan keyakinannya. Oleh karena itu, penetapan model dan warna seragam khas sekolah harus memperhatikan aspek tersebut. Hari penggunaan seragam khas sekolah dapat ditentukan oleh masing-masing satuan pendidikan.

Baca juga Kebiasaan Guru Unggulan yang Menginspirasi

Dengan adanya peraturan ini, diharapkan siswa dan pihak sekolah dapat mematuhi ketentuan penggunaan seragam sekolah sesuai dengan aturan yang berlaku. Penggunaan seragam sekolah yang konsisten dan tepat akan memberikan identitas yang jelas bagi siswa dan meningkatkan kesatuan dalam lingkungan pendidikan.

Salah satu Platform Diklat dengan 100% sertifikat terverifikasi asli by System. Ikuti berbagai Diklat yang diselenggarakan secara nasional. Daftar Diklat Terbaru Klik Disini

Related Articles

Responses

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *