Catat! PPG Prajabatan 2023 Gelombang 2 Sudah Dibuka

Jadwal PPG Prajabatan 2023

Direktorat Pendidikan Profesi Guru (PPG) Kemendikbud Ristekdikti telah membuka Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan (PPG Prajabatan 2023). Saat ini, program tersebut sudah memasuki gelombang kedua pendaftaran, dan kesempatan mendaftar akan terbuka hingga tanggal 9 September 2023.

Apa Itu PPG Prajabatan?

PPG Prajabatan merupakan program pendidikan yang diadakan setelah program sarjana atau sarjana terapan bagi lulusan Sarjana maupun Diploma IV. Program ini memberikan peluang kepada lulusan dari berbagai jurusan, baik yang terkait dengan pendidikan maupun non-kependidikan, untuk menjadi calon guru profesional yang memiliki Sertifikat Pendidik dalam bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Alur Pendaftaran PPG Prajab 2023

Bagi mereka yang tertarik untuk mengikuti PPG Prajabatan, informasi lebih lanjut dapat ditemukan di laman resmi https://ppg.kemdikbud.go.id/. Di sini, calon peserta bisa memperoleh detail terkait jadwal, prosedur pendaftaran, serta biaya yang diperlukan untuk mengikuti seleksi calon mahasiswa PPG Prajabatan. Selain itu, tautan bit.ly/PPGPrajabatan2023 juga dapat diakses untuk informasi lebih lanjut.

Proses pendaftaran dapat dilakukan melalui laman tersebut dengan mengklik opsi “Daftar PPG Prajabatan”. Biaya pendaftaran untuk tahap I (administrasi) dan tahap II (tes substantif) adalah sebesar Rp 200.000, dan biaya ini akan ditanggung oleh calon mahasiswa.

Setelah berhasil lolos seleksi tahap I, II, dan III (wawancara), serta resmi menjadi mahasiswa PPG Prajabatan, proses pendidikan akan berlangsung selama dua semester. Biaya pendidikan untuk setiap semester adalah Rp 8.500.000, sesuai dengan informasi yang dikeluarkan oleh Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.

Tetapi, ada kabar baik bagi calon mahasiswa yang berhasil lulus seleksi dan diterima di PPG Prajabatan Tahun 2023. Mereka akan memperoleh beasiswa senilai Rp 17.000.000,00 untuk mengikuti perkuliahan selama dua semester atau setahun.

Syarat Pendaftaran

Adapun kuota nasional Program PPG Prajabatan Tahun 2023 adalah sebanyak 59.019 mahasiswa. Dalam proses seleksi untuk memenuhi kuota ini, tahap-tahap seleksi dilakukan secara berurutan. Jika seorang calon mahasiswa tidak lulus pada salah satu tahap seleksi, ia tidak dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

Persyaratan bagi calon mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2023 meliputi:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. Tidak terdaftar sebagai Guru/Kepala Sekolah pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan Simpatika;
  3. Usia maksimal 32 tahun pada tanggal 31 Desember tahun pendaftaran;
  4. Kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) atau terdata pada basis unit data unit Penyetaraan Ijazah Luar Negeri bagi lulusan perguruan tinggi di luar negeri;
  5. Indeks prestasi kumulatif (IPK) minimum 3,00;
  6. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani;
  7. Surat keterangan berkelakuan baik;
  8. Surat keterangan bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (NAPZA);
  9. Menandatangani pakta integritas; dan
  10. Mengikuti tahapan seleksi, termasuk seleksi administrasi, tes substantif, dan tes wawancara.

Jadwal PPG Prajabatan 2023

Proses pendaftaran dan seleksi PPG Prajabatan telah dimulai sejak tanggal 8 Agustus 2023 pukul 13.30 WIB hingga 9 September 2023. Bagi calon peserta yang ingin mendaftar, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki alamat email aktif dan nomor seluler yang terhubung dengan aplikasi whatsapp.
  2. Mengakses laman https://ppg.kemdikbud.go.id dan memilih opsi “Daftar PPG Prajabatan”, lalu “Daftar sebagai Peserta”.
  3. Membuat akun pendaftaran aplikasi SIMPKB menggunakan email aktif. Langkah berikutnya adalah mengklik tautan konfirmasi pendaftaran yang akan diterima melalui email. Setelah itu, proses pendaftaran akan berlanjut.
  4. Memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nama, Jenis Kelamin, dan Tanggal Lahir. Data ini akan diverifikasi otomatis. Akun pendaftaran akan berhasil dibuat jika data calon mahasiswa valid dan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.
  5. Lanjutkan pendaftaran dengan login ke aplikasi SIMPKB menggunakan username dan password yang telah dibuat. Calon mahasiswa harus melengkapi informasi seperti biodata diri, data kemahasiswaan, bidang studi PPG, pengalaman, dan lainnya.
  6. Lakukan verifikasi data kemahasiswaan dan kesesuaian Program Studi S-1/D-IV dengan bidang studi PPG yang dipilih. Jika valid, calon mahasiswa bisa melanjutkan ke proses pembayaran biaya pendaftaran tahap II.
  7. Setelah pembayaran berhasil, calon mahasiswa dapat mencetak kartu tes substantif melalui aplikasi SIMPKB. Kartu ini akan berisi jadwal dan lokasi tes substantif.
  8. Pelaksanaan tes substantif akan berlangsung pada tanggal 25-29 September 2023.

Setelah melewati serangkaian tahap seleksi, pengumuman hasil tes dan wawancara akan diumumkan pada tanggal 17 Oktober dan 15 November 2023, masing-masing. Calon mahasiswa yang lulus seleksi akan diproses untuk penempatan di Perguruan Tinggi sesuai dengan bidang studi PPG yang dipilih. Dengan begitu, calon guru sudah semakin dekat dengan cita-cita mereka.

Tentu saja, semua jadwal ini dapat berubah sesuai dengan kebijakan pemerintah. Oleh karena itu, para calon peserta diharapkan untuk selalu mengikuti perkembangan terbaru di laman resmi https://ppg.kemdikbud.go.id.

Salah satu Platform Diklat dengan 100% sertifikat terverifikasi asli by System. Ikuti berbagai Diklat yang diselenggarakan secara nasional. Daftar Diklat Terbaru Klik Disini

Related Articles

Responses

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *