Perbedaan Metode dan Metodologi Penelitian

metodologi penelitian

Sering bingung dengan perbedaan metode penelitian dan metodologi penelitian? Metode penelitian adalah pendekatan atau teknik yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data atau informasi yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan penelitian atau mencapai tujuan penelitian tertentu.

Metode penelitian dapat bersifat kualitatif, kuantitatif, atau campuran (mixed-methods), tergantung pada jenis data yang ingin dikumpulkan dan cara data tersebut akan dianalisis.

Pengertian Metode Penelitian Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian metode penelitian menurut beberapa ahli:

  1. Sugiyono (2016): Menurut Sugiyono, metode penelitian adalah langkah-langkah sistematis yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan data dalam suatu penelitian. Metode penelitian dapat berupa metode kualitatif, kuantitatif, atau kombinasi dari keduanya.
  2. Prof. Dr. H. Mulyana, M.A.: Menurut Prof. Dr. H. Mulyana, M.A., metode penelitian adalah serangkaian teknik dan cara yang digunakan untuk mengumpulkan data dan informasi yang diperlukan dalam penelitian. Metode penelitian melibatkan proses pengumpulan data, analisis data, serta interpretasi hasil penelitian.Baca Juga Hasil Seleksi PPG Prajabatan 2023
  3. Prof. Dr. Komaruddin Hidayat: Prof. Dr. Komaruddin Hidayat mendefinisikan metode penelitian sebagai pendekatan atau teknik yang dilakukan oleh peneliti untuk mencari dan memperoleh data serta informasi yang relevan dengan tujuan penelitian. Metode penelitian ini dapat beragam, tergantung pada jenis data yang ingin dikumpulkan dan pertanyaan penelitian yang ingin dijawab.
  4. Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono: Menurut Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, metode penelitian adalah rangkaian teknik, prosedur, dan langkah-langkah yang dilakukan oleh peneliti untuk mengumpulkan data, menganalisis data, serta menyajikan hasil penelitian. Metode penelitian ini harus dipilih berdasarkan pertanyaan penelitian yang diajukan.
  5. Prof. Dr. Kuntoro Mangkusubroto: Prof. Dr. Kuntoro Mangkusubroto menyatakan bahwa metode penelitian adalah teknik dan alat yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data dan informasi yang relevan dengan tujuan penelitian. Metode penelitian dapat beragam, tergantung pada masalah penelitian yang ingin diselesaikan.

Secara umum, metode penelitian adalah tentang bagaimana peneliti mengumpulkan dan menganalisis data untuk menjawab pertanyaan penelitian. Berbagai metode penelitian digunakan tergantung pada tujuan penelitian, jenis data yang ingin dikumpulkan, serta jenis pertanyaan penelitian yang diajukan

Pengertian Metodologi Penelitian

Metodologi penelitian adalah kerangka atau rencana yang lebih luas yang digunakan oleh peneliti untuk merancang, merencanakan, dan melaksanakan penelitian secara keseluruhan. Ini mencakup pemilihan metode penelitian yang sesuai dengan tujuan penelitian, strategi pengumpulan data, serta analisis dan interpretasi data.

Metodologi penelitian juga mencakup pertimbangan tentang validitas, keandalan, etika, dan kesesuaian instrumen penelitian. Bagian ini penting untuk memastikan bahwa hasil penelitian dapat diandalkan, akurat, dan sesuai dengan pertanyaan penelitian yang diajukan.

Baca juga Contoh Karya Tulis Ilmiah

Pengertian metodologi penelitian menurut para ahli mencakup pendekatan yang lebih luas tentang perencanaan, strategi, dan rencana keseluruhan dalam melaksanakan penelitian. Berikut adalah beberapa pengertian tentang metodologi penelitian menurut beberapa ahli di bidang penelitian:

  1. Sugiyono (2016): Metodologi penelitian menurut Sugiyono adalah suatu prosedur atau langkah-langkah yang sistematik untuk mencapai tujuan penelitian dengan cara tertentu. Metode penelitian dipilih berdasarkan jenis data dan informasi yang ingin dikumpulkan serta pertanyaan penelitian yang ingin dijawab.
  2. Prof. Dr. H. Mulyana, M.A.: Menurut Prof. Dr. H. Mulyana, M.A., metodologi penelitian adalah rangkaian prosedur logis dan sistematis yang digunakan untuk merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi penelitian. Metodologi penelitian membahas tentang langkah-langkah pengumpulan data, analisis data, dan interpretasi hasil penelitian.
  3. Prof. Dr. Komaruddin Hidayat: Menurut Prof. Dr. Komaruddin Hidayat, metodologi penelitian adalah suatu konsep dan teori tentang berbagai aspek yang terkait dalam melaksanakan penelitian. Ini mencakup pertimbangan tentang rancangan penelitian, metode pengumpulan data, serta teknik analisis data yang sesuai.
  4. Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono: Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono mendefinisikan metodologi penelitian sebagai kerangka kerja yang sistematis dan terarah untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses penelitian. Metodologi penelitian mencakup langkah-langkah yang dilakukan untuk memastikan keakuratan, keabsahan, dan keandalan hasil penelitian.
  5. Prof. Dr. Kuntoro Mangkusubroto: Menurut Prof. Dr. Kuntoro Mangkusubroto, metodologi penelitian adalah serangkaian langkah yang disusun secara sistematis untuk memecahkan masalah dan mendapatkan jawaban dari pertanyaan penelitian yang diajukan.

Baca juga Diklat Penyusunan KOSP dan Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Perbedaan Metode dan Metodologi dalam Penelitian

Perbedaan antara metode dan metodologi penelitian dapat diringkas sebagai berikut:

  • Metode penelitian adalah teknik atau pendekatan yang digunakan untuk mengumpulkan data, sedangkan metodologi penelitian adalah rencana atau kerangka lebih luas yang mencakup seluruh proses penelitian dari perencanaan hingga interpretasi hasil.
  • Metode penelitian berkaitan langsung dengan pengumpulan data, sedangkan metodologi penelitian mencakup perencanaan, desain, dan strategi keseluruhan penelitian.
  • Metode penelitian lebih fokus pada aspek teknis, sementara metodologi penelitian lebih berkaitan dengan alasan-alasan di balik pemilihan metode tertentu dan langkah-langkah untuk mencapai tujuan penelitian.

 

Salah satu Platform Diklat dengan 100% sertifikat terverifikasi asli by System. Ikuti berbagai Diklat yang diselenggarakan secara nasional. Daftar Diklat Terbaru Klik Disini

Related Articles

Responses

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *